Tim Dosen dan Mahasiswa FSTI ITK Melakukan Branding Wisata Tanjung Gading melalui Website dan Merchandise

  • Ketua Pengabdian: Winarni, S.Si,. M.Si.
  • Tahun Pengabdian: 2025

Deskripsi

Balikpapan, April 2025 – Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) C4 & PMMD 2025 menjalankan program pengabdian masyarakat bertajuk “Branding Eco Edu Wisata Tanjung Gading melalui Website dan Merchandise Lokal”. Program ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan promosi pariwisata berbasis digital di kawasan Wisata Tanjung Gading, yang berlokasi di Kelurahan Karang Joang Km 12, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Tim ini terdiri dari Diva Oryza Afrial Chandra,  Nur Fitri Gitayana  (Prodi Bisnis Digital), Aa Maylia Wahyuningtyas, Nurma Yulan , Hardi Wira Pratama, Nakhwah Fadiyatul Abidah (Prodi Sistem Informasi), Muhammad Haikal Ar Ridwan (Prodi Informatika), Abdullah Musa, Federika Rerung, Safrina Yasifa Thahira  (Prodi Matematika) dengan Dosen Pembimbing Ibu Winarni, S.Si., M.Si.
 

Wisata Tanjung Gading memiliki potensi besar sebagai destinasi berbasis alam dan edukasi. Kawasan ini menawarkan keindahan alam yang masih asri, fasilitas seperti playground, wisata naik perahu, aneka spot foto menarik, area perkemahan, serta kuliner lokal yang khas. Tetapi, destinasi wisata ini belum memiliki media promosi yang memadai, seperti website resmi atau saluran media sosial aktif seperti Tiktok, sehingga promosi  dan brandingnya belum bisa optimal.
 

Melalui program pengabdian kepada masyarakat ini, tim telah merancang dua pendekatan utama untuk meningkatkan daya tarik dan promosi Wisata Tanjung Gading, yaitu penguatan promosi digital melalui website dan media sosial serta pembuatan merchandise lokal. Website ini dirancang dengan tampilan yang responsif, user-friendly, dan memuat informasi komprehensif mengenai sejarah wisata, daftar fasilitas, galeri foto dan video, harga layanan, serta kontak media sosial. Tujuan utama pengembangan website ini adalah untuk menjadikannya sebagai pusat informasi digital sekaligus sarana branding yang profesional dan terpercaya. Adapun website Wisata anjung Gading yang telah dirancang dalam program pengabdian kepada masyarakat ini dapat diakses melalui tautan berikut ini  https://tanjunggading.id.

 

 

Adapun optimalisasi promosi melalui media sosial, yaitu TikTok. Tim ini telah membuat akun resmi TikTok dengan nama pengguna @w.tanjunggading, yang dirancang sebagai platform promosi visual dan konten kreatif. Platform ini dipilih karena efektivitasnya dalam menjangkau audiens muda, yang menjadi segmen utama dalam pariwisata saat ini. Konten yang akan ditayangkan mencakup panorama alam, kegiatan wisata, serta potensi budaya lokal, dikemas dalam format yang menarik dan sesuai tren digital saat ini.
 

Selain melakukan strategi branding, tim juga telah mendesain berbagai macam produk merchandise lokal yang mencerminkan identitas visual dari Tanjung Gading. Produk-produk ini antara lain berupa kaos, totebag, mug, tumblr, dan gantungan kunci (keychain), yang dirancang dengan unsur visual khas seperti pemandangan alam, flora lokal, hingga simbol-simbol khas Kalimantan Timur. Dalam proses produksi merchandise, melibatkan pelaku UMKM lokal untuk mendukung ekonomi masyarakat sekaligus menciptakan ekosistem pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan. Produk ini juga diproyeksikan sebagai oleh-oleh khas Tanjung Gading yang dapat dijual langsung di lokasi wisata.
 

Tak hanya berhenti pada pembuatan media promosi, tim  juga telah memberikan pelatihan digital marketing dan manajemen konten website kepada pengelola wisata dan masyarakat sekitar. Tujuannya adalah agar promosi digital tidak berhenti hanya pada masa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berakhir, namun bisa dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat pasca program selesai. Materi pelatihan disusun dengan pendekatan praktis dan partisipatif, serta dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan praktik secara langsung.
 

Dukungan besar juga datang dari mitra lokal, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Gading, yang berperan aktif dalam penyediaan data, fasilitasi lokasi kegiatan, hingga pendampingan dalam pengumpulan konten-konten Tiktok. Kolaborasi ini membuktikan pentingnya sinergi antara perguruan tinggi dan komunitas lokal dalam mengembangkan destinasi pariwisata berbasis masyarakat.
 

Dosen pembimbing kegiatan, Winarni, S.Si., M.Si., menyampaikan bahwa “Program ini diharapkan tidak hanya sebatas pada masa program pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung, tetapi juga berdampak positif secara jangka panjang. Melalui kombinasi teknologi informasi, pemberdayaan ekonomi, dan pendekatan komunitas, civitas perguruan tinggi (ITK) telah mampu menghadirkan solusi yang konkret dan aplikatif. Ini adalah bukti nyata bahwa kolaborasi perguruan tinggi dan masyarakat bisa mendorong perubahan positif di daerah,” jelasnya.  Mitra program merasa senang sekali dengan adanya program ini,”Kami senang sekali hadirnya program ini sangat membantu promosi dan branding Wisata Tanjung Gading”, ujar Pak Tamuri  Ketua Pokdarwis sekaligus Pengelola Wisata tanjung Gading. “Selama ini kami belum punya website, media sosial Tiktok, dan produk oleh-oleh Wisata Tanjung Gading, dengan program ini ITK sangat membantu kami, terima kasih banyak ITK” imbuh Pak Purnomo dari Pokdarwis dan Pengelola Wisata Tanjung Gading.
 

Dengan berbagai luaran yang telah dihasilkan antara lain website, merchandise, akun media sosial, serta pelatihan kepada mitra dan masyarakat, program ini diharapkan menjadi penggerak pertumbuhan Wisata Tanjung Gading secara berkelanjutan. Selain memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, kegiatan ini juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu di lapangan dan membangun kepedulian sosial terhadap pengembangan daerah. 

 

 

Tim Pelaksana Pengabdi:

1. Winarni, S.Si,. M.Si. (Matematika/JSAD/ITK)

2. Diva Oryza Afrial Chandra (Bisnis Digital/JTEIB/ITK)

3. Aa Maylia Wahyuningtyas (Sistem Informasi/JTEIB/ITK)

4. Muhammad Haikal Ar Ridwan (Informatika/JTEIB/ITK)

5. Nur Fitri Gitayana (Bisnis Digital/JTEIB/ITK)

6. Nurma Yulan Dari (Sistem Informasi/JTEIB/ITK)

7. Hardi Wira Pratama (Sistem Informasi/JTEIB/ITK)

8. Nakhwah Fadiyatul Abidah (Sistem Informasi/JTEIB/ITK)

9. Abdullah Musa  (Matematika/JSAD/ITK)

10. Federika Rerung  (Matematika/JSAD/ITK)

11. Safrina Yasifa Thahira  (Matematika/JSAD/ITK)


Manfaat

1. Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan media promosi digital melalui pembuatan website resmi Wisata Tanjung Gading yang informatif, responsif, dan mudah diakses oleh masyarakat luas.
 

2. Menjadi referensi dan acuan bagi kegiatan pengabdian atau penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan digitalisasi pariwisata berbasis masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal melalui merchandise kreatif.
 

3. Memberikan dampak sosial-ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui pelibatan dalam produksi dan distribusi merchandise, yang dapat meningkatkan peluang usaha mikro dan mendukung sektor UMKM.
 

4. Membantu pengelola wisata dalam menyampaikan informasi destinasi secara efektif melalui media sosial dan website, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan jumlah kunjungan wisatawan.
 

5. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penerapan ilmu teknologi informasi, desain grafis, komunikasi masyarakat, serta pengelolaan proyek berbasis kebutuhan riil lapangan

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya