Sambutan Ketua LPPM

  • 27 Agustus 2020
  • Admin

Assalamualaikum Wr. Wb..

Salam sejahtera bagi kita semua..

Om Swastyastu..

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas tri dharma di Institut Teknologi Kalimantan. ITK terus berupaya membangun diri menjadi perguruan tinggi yang unggul dan mampu berperan aktif dalam pembangunan nasional melalui penelitian dan pengabdian masyarakat yang maju dan berkelanjutan.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakar didirikan melalui SK Rektor ITK No. 0021/ITK/HK.KP/2015 tanggal 6 Januari 2015. LPPM ITK berperan dalam mengelola dan mengembangkan topik-topik penelitian dan pengabdian masyarakat melalui pendanaan Hibah Internal ITK dan Hibah Eksternal. Berkaitan dengan tujuan tersebut telah disusun Rencana Strategis (Renstra) Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai dokumen formal yang berisi strategi pencapaian serta topik-topik penelitian unggulan institusi termasuk topik-topik riset yang harus diacu oleh peneliti di dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat pada masa 5 (lima) tahun kedepan.  

Selanjutnya dalam rangka mengembangkan riset yang berdaya saing global, ITK telah membentuk fokus riset unggulan yang terdiri dari Energi, Pangan-Pertanian, Kemaritiman dan Smart City. Keempat fokus riset tersebut terus diupayakan dalam pengelolaannya mulai dari riset dasar, pengembangan dan terapan. Untuk mendorong hal tersebut maka banyak skema kerja sama riset dilakukan dengan berbagai pihak industri, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Hasil hasil penelitian diharapkan dapat memperoleh Hak Kekayaan Intelektual dan berhasil diterapkan dimasyarakat dan mendapatkan rekognisi internasional. Hingga saat ini capaian hasil riset yang berhasil dipublikasikan baik nasional maupun internasional selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Publikasi nasional mengalami peningkatan dari tahun 2019 sebesar 51 judul menjadi 68 judul pada tahun 2020, sedangkan publikasi internasional terjadi peningkatan dari 34 judul menjadi 48 judul. Selain itu hingga tahun 2020 sudah ada 11 judul HKI yang telah didaftarkan. Tentu capaian tersebut berkat kerja keras dari bapak ibu dosen, mahasiswa dan semua pihak yang terlibat dalam mendukung pelaksanaan riset di laboratorium maupun pencapaian luarannya.

LPPM ITK selalu siap mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan terus berupaya meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Banyak skema riset dan pengabdian yang disediakan oleh LPPM ITK dalam rangka mensukseskan pelaksanaan MBKM untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) hingga pengembangan dan hilirisasi produk luarannya. Semoga riset-riset di ITK dapat semakin berkembang dengan peningkatan kualitas dan kuantitasnya dalam mendukung pelaksanaan pembangunan nasional yang berkelanjutan. Aamiin..

 

Wassalamualaikum Wr Wb.

Salam..

Om shanti shanti..  

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya