PAUD Nurul Huda merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berperan dalam memberikan layanan pendidikan dasar kepada anak-anak di sekitar wilayah Blok E No.4 Kelurahan Batu Ampar. PAUD ini menyelenggarakan berbagai program seperti pembelajaran dasar, pengembangan motorik, kreativitas, dan pembentukan karakter, yang bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki jenjang pendidikan formal seperti sekolah dasar. Berdasarkan observasi yang dilakukan, adapun permasalahan yang diidentifikasi pada PAUD Nurul Huda yaitu terlihat jelas kerusakan pada dinding dibagian taman bermain yang mulai mengelupas, memperlihatkan kondisi bangunan yang kurang terawat. Selain itu, minimnya penghijauan di area PAUD membuat lingkungan terlihat gersang dan kosong, sehingga kurang memberikan kesan nyaman maupun asri bagi anak-anak yang belajar di sana.”
Dalam perkembangan anak usia dini perlu didukung dengan pembiasaan pola hidup sehat yang terintegrasi dengan kepedulian lingkungan. Salah satu cara efektif menanamkan nilai tersebut adalah melalui pembelajaran kontekstual di PAUD, seperti pengenalan kebersihan dan pengelolaan sampah. Selanjut dibuatkan Modul oleh kami kelompok KKN Q1 dengan tema peduli lingkungan dan klasifikasi sampah untuk bahan ajar dalam membantu anak memahami pentingnya memilah sampah organik dan anorganik, serta dampaknya terhadap kesehatan. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan sesuai usia, anak-anak belajar hidup bersih sekaligus mengembangkan sikap peduli lingkungan. Pembelajaran ini bersifat aplikatif dan mudah dipraktekkan, sehingga nilai kebersihan dan tanggung jawab lingkungan tertanam sejak dini.
Berdasarkan Latar Belakang diatas tim KKN kami dari kelompok Q1 mengambil tema program dengan judul “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Huda Melalui Revitalisasi Fasilitas dan Program Pembelajaran Berbasis Modul” . Di Tanggal 14 Maret kita mengadakan Pembukaan KKN Kelompok Q1 kepada Guru-guru dan anak PAUD ,dimana sebagai awal kita memperkenalkan program ini. Di dalam program tersebut terdapat proyek dan agenda mengajar yang dilakukan oleh kelompok KKN Q1 untuk membantu permasalahan yang ada di PAUD Nurul Hudha diantara sebagai berikut:
1. Penanaman atau penghijauan
Dalam program kerja ini, kelompok KKN Q1 melakukan kegiatan penanaman tanaman untuk memperindah taman dan lingkungan sekitar sekolah PAUD yang sebelumnya terlihat cukup kosong. Kami memanfaatkan bahan bekas berupa jerigen sebagai media tanam (pot tanaman), sebagai upaya mendukung prinsip daur ulang dan kepedulian terhadap lingkungan. Tanaman yang ditanam dipilih berdasarkan manfaatnya bagi lingkungan PAUD, yaitu cabai, terong, dan beberapa jenis tanaman obat. Selain itu, kami juga membuat rak tanaman sebagai tempat untuk meletakkan pot-pot tersebut agar lebih tertata rapi dan mudah dirawat.
2. Mural atau mengecat dinding taman
Sebagai bagian dari upaya menciptakan lingkungan belajar yang menarik. kelompok KKN Q1 melaksanakan proyek mural di area sekolah PAUD pada bagian taman. Mural ini kami desain dengan gambar-gambar yang penuh warna dan bermuatan seperti huruf alfabet, hewan, tumbuhan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menstimulasi imajinasi dan minat belajar anak-anak melalui visual yang ceria dan ramah anak. Selain memperindah tampilan sekolah, mural ini juga menjadi sarana pembelajaran visual yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak usia dini.
3. Pembuatan modul dan pengajaran
Program ini sebagai agenda kelompok KKN Q1 yang diadakan 4x pertemuan, kami menyusun dan melaksanakan pengajaran berbasis modul dengan tema “Peduli Lingkungan dan Klasifikasi Sampah” yang ditujukan untuk anak-anak PAUD. Modul ini dirancang secara sederhana dan menarik, dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan belajar anak usia dini. Isi modul mencakup materi pengenalan sampah dan cara pengolahannya, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta kegiatan belajar yang menyenangkan seperti bermain peran dan praktik memilah sampah. Kami juga menyisipkan nilai-nilai kebersamaan, tanggung jawab, dan cinta lingkungan dalam setiap kegiatan belajar. Proses pengajaran dilakukan secara interaktif, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami materi sekaligus membentuk kebiasaan baik sejak dini. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menanamkan kesadaran lingkungan secara berkelanjutan dalam kehidupan anak-anak sejak usia dini.
4. Mengadakan Bersih-bersih lingkungan sekolah
Kelompok KKN Q1 melaksanakan agenda bersih-bersih lingkungan sekolah PAUD. Kegiatan ini menjadi bentuk nyata dari kepedulian terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan belajar anak-anak. Selain melakukan pembersihan secara menyeluruh di area sekolah, kami juga menambahkan beberapa fasilitas kebersihan seperti sapu, tempat sampah, dan alat pel lantai. Harapannya, sarana ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh pihak sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan secara rutin.
Kesimpulan
Program KKN kelompok Q1 di PAUD Nurul Hudha memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui revitalisasi fasilitas fisik dan pengembangan program pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan. Kegiatan-kegiatan seperti penghijauan lingkungan dengan pemanfaatan barang bekas, pembuatan mural edukatif, pengajaran berbasis modul bertema peduli lingkungan, serta aksi bersih-bersih lingkungan sekolah telah berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman, sehat, dan inspiratif bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, program ini menjadi model intervensi sederhana namun berdampak positif bagi peningkatan mutu layanan PAUD Nurul Hudha, yang ada di Kelurahan Batu Ampar. Diharapkan, hasil dari program ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga dapat dijadikan inspirasi dan rujukan bagi lembaga PAUD lainnya dalam mengatasi tantangan serupa. Keberlanjutan program ini akan sangat bergantung pada kolaborasi antara pihak sekolah, masyarakat, serta dukungan dari pemerintah dan pihak terkait lainnya.
Manfaat yang diberikan dari Program “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Hudha Melalui Revitalisasi Fasilitas dan Program Pembelajaran Berbasis Modul” sebagai berikut :
1. Dengan adanya perbaikan dinding di area taman bermain anak-anak, termasuk pembuatan mural yang penuh warna, lingkungan menjadi jauh lebih menarik dan menyenangkan. Selain mempercantik tampilan, mural ini juga dapat merangsang imajinasi serta kreativitas anak-anak, menciptakan suasana belajar dan bermain yang lebih positif.
2. Penambahan tempat sampah dan alat pembersih lainnya akan membantu menjaga kebersihan lingkungan, menciptakan area yang lebih rapi, nyaman, dan sehat untuk anak-anak.
3. Dengan adanya proyek Penanaman tumbuhan akan mempercantik lingkungan, menghadirkan udara lebih segar, dan menciptakan suasana yang lebih asri dan nyaman bagi anak-anak.
4. Dengan dibuatnya modul pembelajaran yang bertema dan pengajaran akan membantu mempermudah proses belajar, memberikan panduan yang jelas bagi guru, serta meningkatkan pemahaman anak-anak secara lebih terarah dan menyenangkan.
5. Mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan akan menciptakan area yang lebih rapi, sehat, dan nyaman, sekaligus mengajarkan anak-anak pentingnya menjaga kebersihan bersama.