Pengembangan Digital Branding Bersama Tanamin Bumi Nusantara Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Kampanye Lingkungan

  • Ketua Pengabdian: Arif Wicaksono Septyanto, S.Kom, M.Kom
  • Tahun Pengabdian: 2025

Deskripsi

Tanamin Bumi Nusantara merupakan aplikasi peduli lingkungan yang dirancang untuk mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sekaligus menjadi solusi pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dengan prinsip kebersihan, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas. Aplikasi ini berkomitmen menyediakan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, sambil mendorong pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Melalui Tanamin, perusahaan dapat mengurangi emisi karbon langsung dengan menerapkan efisiensi energi, penggunaan energi terbarukan, dan proses produksi ramah lingkungan, serta mengimbangi emisi karbon melalui investasi dalam proyek penghijauan, perlindungan hutan, dan pengelolaan lahan gambut. Selain itu, Tanamin mendorong kolaborasi global dengan melibatkan berbagai sektor, seperti pemerintah dan masyarakat, untuk bersama-sama mencapai target karbon netral.

 

Setelah melakukan wawancara dengan mitra, terdapat beberapa masalah yaitu kurangnya branding dari pihak Tanamin Bumi Nusantara. Oleh karena itu, kami mengusulkan solusi berupa pembuatan front-end website, video profil, dan konten konten tentang lingkungan melalui media sosial dengan fokus branding, serta kegiatan penghijauan bumi yang melibatkan masyarakat. Sebagai solusi, kelompok KKN menyediakan 3 program utama.

 

Program pertama yaitu kegiatan penanaman pohon. Program ini kami bentuk sebagai respon terhadap isu lingkungan yang telah diangkat yaitu tentang pelestarian lingkungan untuk mendukung upaya penghijauan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat. Pohon-pohon yang ditanam diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas udara dan risiko bencana alam. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan penanaman pohon, masyarakat dapat mengikuti dengan melakukan kegiatan menanam di rumah.

 

Kemudian, untuk program kedua, kami membangun sebuah front end website Mini Zoo sederhana yang berfungsi sebagai media wadah informasi, dokumentasi kegiatan, dan media branding digital tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Pada front end website ini, kami juga memuat seputar kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya, penjelasan berbagai fauna flora, profil lingkungan, dan lain sebagainya untuk meningkatkan daya tarik masyarakat dalam berpartisipasi di kampanye hijau. Kami juga berharap ini akan terus dikembangkan menjadi sarana yang strategis dalam memperluas jangkauan edukasi.

 

Lalu untuk program ketiga, kami melakukan sebuah branding yang dapat membantu memperkuat karakter atau potensi lokal wilayah sehingga dapat meningkatkan pengembangan dalam segi media informasi digital, penyampaian pesan, dan kampanye lainnya berkaitan isu lingkungan. Pada program ini,kami menggunakan manfaat strategi digital branding melalui media sosial Instagram dan Youtube. Pada konten-konten Instagram, kami akan menyediakan berbagai informasi unik dan faktual dengan bahasa yang mudah dipahami oleh berbagai kalangan, baik dalam bentuk penyajian data ilmiah, edukasi mendalahan, dan metode pelestarian lingkungan yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan memberikan panduan mengenai langkah-langkah praktis dalam melakukan reboisasi pada lahan yang terdegradasi. Kami berharap, dengan adanya konten-konten pada video ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk bekerja sama memulihkan lingkungan demi desa atau wilayah yang hijau.

 

 

Tim Pelaksana Pengabdi:

1. Alex Ananda Romadhona (Informatika/JTEIB/ ITK)

2. Tengku Rayhan Saputra (Informatika/JTEIB/ ITK)

3. Jein Ananda (Sistem Informasi/JTEIB/ ITK)

4. Elifas Lolo Padang (Sistem Informasi/JTEIB/ ITK)

5. Muhammad Farrel Sandhipratama (Bisnis Digital/JTEIB/ ITK)

6. Theo Adi Santosa (Matematika/JSAD/ ITK)

7. Alifah Nur Aisyah (Informatika/JTEIB/ ITK)

8. Desta Adelia Saputri (Bisnis Digital/JTEIB/ ITK)

9. Zea Putri (Statistika/JSAD/ ITK)

10. Sinta Putri Dwi Melati (Matematika/JSAD/ ITK)


Manfaat

1. Dengan adanya kegiatan penanaman pohon, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan lingkungan, menjaga bumi agar tetap lestari, serta mempererat kebersamaan melalui partisipasi aktif.

 

2. Dengan adanya website sebagai media dan informasi digital sekaligus branding pada kegiatan penghijauan, website ini berisikan informasi terkait program penanaman pohon, dokumentasi kegiatan, serta edukasi pelestarian lingkungan. Website ini juga berfungsi sebagai media promosi sekaligus akan menjadi website profil mitra yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat dan mitra kami, Tanamin Bumi Nusantara.

 

3. Dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan website kepada masyarakat, hal ini menjadi langkah penting untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi, promosi kegiatan lingkungan, serta konservasi secara digital ke depannya.

 

4. Dengan dilakukannya pembuatan video profil dan blog sebagai media informasi digital, masyarakat dan pihak eksternal dapat lebih mudah mengakses perkembangan kegiatan penghijauan serta mengenal potensi lingkungan secara lebih luas dan menarik.

 

5. KKN dengan program kerja branding melalui penanaman pohon serta website tidak hanya memberikan manfaat pendidikan dan ekonomi, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pengembangan keterampilan yang berharga bagi mahasiswa dan masyarakat lokal.

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya