Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Wisata Edukasi Kang Bejo memberikan berbagai manfaat praktis maupun akademis. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu mengasah kemampuan mereka dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam permasalahan nyata di masyarakat. Dalam hal ini didalam pengembangan desa wisata berbasis edukasi pertanian dan pemasaran digital.
Gambar 1 Pendampingan Mitra Edukasi Pembuatan Tempe
Manfaat utama kegiatan ini terlihat dalam kontribusi langsung terhadap peningkatan branding Kang Bejo melalui pembuatan logo resmi baru, buku panduan, video profil, serta produksi konten kreatif yang diunggah ke media sosial. Strategi digitalisasi ini membantu memperkenalkan potensi Kang Bejo ke khalayak luas dan juga menciptakan fondasi awal bagi pengelolaan informasi dimasa mendatang.
Gambar 2 Pembuatan Logo Kang Bejo & KKN F2
Selain itu, kegiatan ini memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam hal kolaborasi antar anggota kelompok, manajemen program kerja, serta komunikasi dengan mitra dan masyarakat disekitar lokasi KKN. Luaran seperti buku panduan, papan peraturan, dan konten media sosial dapat terus dimanfaatkan oleh mitra untuk keperluan promosi dan pengelolaan wisata. Kegiatan edukatif seperti tanam kangkung dan hidroponik juga berhasil dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang bernilai edukasi tinggi.
Gambar 3 Indikator Penilaian Desa Wisata Nasioanl (ADWI) 2024
Dengan adanya analisis terhadap indikator penilaian ADWI dan sistem digital seperti Jadesta, program KKN ini memberikan peluang bagi desa untuk ikut serta secara kompetitif dalam penilaian desa wisata nasional. Keseluruhan program ini memberikan gambaran bahwa kegiatan KKN tidak hanya bersifat formal, melainkan dapat dirancang menjadi langkah nyata dan strategis dalam pengembangan wilayah berbasis potensi lokal.
Tim Pelaksana Pengabdi:
1. Adam, S.Si., M.Si. (Matematika/JSAD/ITK)
2. Aditya Putra Pratama, S.Si., M.Si. (Matematika/JSAD/ITK)
3. Diva Rajestiadi (11221015)
4. Dion Prayoga (11221058)
5. Adella Rizkina Febriyanti (02221021)
6. Zhahira Syahwa Hafidzha (16221008)
7. Nurul Indah Lestari (20221022)
8. Hanafi Mas’uul Prastyadi (11221022)
9. Dicky Ramadhoni Oktagian (10221009)
10. Muhammad Alif Syauqi (10221077)
1. Meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan ilmu desain grafis, pemasaran digital, dan produksi konten kreatif secara langsung di lingkungan masyarakat melalui proyek pengembangan branding Desa Wisata Kang Bejo.
2. Menjadi bahan acuan dan referensi bagi kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya yang ingin berfokus pada digitalisasi desa wisata dan penguatan ekonomi lokal melalui konten kreatif serta media sosial.
3. Memberikan kontribusi nyata dalam membantu mitra (Pokdarwis Kang Bejo) dalam penyusunan buku panduan wisata, pembuatan logo resmi, serta pengelolaan konten media sosial sebagai sarana promosi jangka panjang.
4. Memberikan pengalaman kolaboratif antara mahasiswa dan masyarakat lokal dalam mengelola dan mempromosikan potensi desa wisata dengan pendekatan kreatif dan berbasis data.
5. Mengetahui efektivitas pemanfaatan media sosial, khususnya fitur Instagram Reels, sebagai sarana utama untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi audiens terhadap destinasi wisata edukatif.