Pelatihan Digital Marketing Di RT.06 Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara

  • Ketua Pengabdian: Widya Sartika S.Kom., M.Kom. | Anggota: Darrell Rajendra W, Aulia Azizah R, Dinda Sa’adatul H, Faqih Putra W, Andrew Arief R, Fikrie Ari N, Muhammad Raihan W. K
  • Tahun Pengabdian: 2024

Deskripsi

Program Pelatihan Digital Marketing Di RT.06 Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dari Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi (JMTI) yaitu Widya Sartika S.Kom., M.Kom., Dosen Program Studi Bisnis Digital bersama 7 orang mahasiswa JMTI yaitu Darrell Rajendra Wibowo, Andrew Arief Riyadi (Prodi Informatika), Aulia Azizah Ramadhanti, Dinda Sa’adatul Hijrah, Faqih Putra Wibowo (Prodi Sistem Informasi), dan Fikrie Ari Nurmana, Muhammad Raihan Wirayudra Kelana (Prodi Bisnis Digital) bekerja sama dengan ketua komunitas UMKM Grin (Graha Indah) Generation, yaitu Ibu Asmita Nova Rachmayati.

 

Tim memilih daerah mitra program pengabdiannya tahun ini yaitu Perum Graha Indah, Block A6, RT. 06 dan sekitarnya untuk membantu masyarakat dalam memahami cara pemasaran dan promosi dengan menggunakan sosial media. Hasil pengamatan di lapangan ditemukan bahwa sistem yang sedang berjalan masih menggunakan metode mulut ke mulut di mana pelaku usaha masih mempromosikannya dengan cara langsung terjun ke masyarakat. Kemudian, penggunaan sosial media dari pelaku usaha belum optimal di mana pelaku usaha menampilkan kegiatan yang mereka lakukan dan mendeskripsikan bagaimana kemasan atau proses dari produk bukan menampilkan produk itu sendiri yang merupakan inti dari pemasaran produk. Oleh karena itu, salah satu fokus utama dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh ITK adalah memperkuat bidang digital marketing bagi mitra program. Program ini merupakan bagian integral dari upaya ITK dalam mendukung dan membiayai inisiatif ini. Khususnya dalam bidang digital marketing, Balikpapan sebagai pendukung IKN harus melakukan pembenahan komprehensif. Hal ini penting agar tidak hanya menjadi penonton dalam perkembangan digital marketing, melainkan turut berperan aktif dalam menghadapi tantangan masa depan di ranah ini.

 

Melalui program digital marketing, tim memberikan pelatihan secara gratis kepada masyarakat Perum Graha Indah, Block A6, RT. 06, dan sekitarnya. Program pelatihannya mencakup pelatihan copywriting, content strategy, dan sales and marketing. Dalam pelatihan copywriting, tujuan kami adalah meningkatkan keterampilan peserta dalam menciptakan konten yang lebih unik dan inovatif di berbagai platform media sosial yang digunakan mereka. Selanjutnya, pada pelatihan content strategy, kami memperkenalkan presentasi produk yang lebih menarik melalui strategi konten yang inovatif, bertujuan meningkatkan daya tarik terhadap produk yang ditawarkan. Di sisi lain, dalam pelatihan sales and marketing, kami memberikan panduan dan strategi dalam mengelola media sosial. Dengan fokus pada teknik-teknik penjualan dan pemasaran yang efektif, peserta diharapkan dapat
menghasilkan konten yang mampu menarik minat audiens. 

 

Selain pelatihan digital marketing, terdapat program terakhir, yaitu Acara Pameran LPPM ITK 2024 dengan tema Multibudaya Pada Jejak Literasi dan Kuliner Kalimantan Timur dan lomba Product Pitching. Kegiatan ini berisikan Festival UMKM Graha Indah Balikpapan diadakan sebagai bagian dari program penutupan KKN kelompok kami di Institut Teknologi Kalimantan. Festival ini menjadi upaya untuk memperkuat hubungan antara kampus dan masyarakat, serta dapat berkontribusi untuk memajukan perekonomian lokal. Festival ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM memperluas pasar dan meningkatkan pengetahuan akan pentingnya UMKM bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Kami melihat festival ini bukan hanya sebagai acara biasa, tetapi juga sebagai wadah untuk mendorong kreativitas dan inovasi pelaku usaha kecil agar dapat bersaing lebih baik di pasar yang semakin ketat. Melalui partisipasi mereka dalam festival, kami berharap dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, memperluas jaringan, dan meningkatkan pemahaman bisnis mereka. Kemudian, terdapat lomba Product Pitching yang khusus diikuti oleh mitra, yang bertujuan untuk menaikkan keterampilan menjelaskan produk mereka. Kemampuan pitching mereka akan dinilai berdasarkan beberapa kategori oleh beberapa juri dari dosen ITK.

 

Hasil dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam bidang Copywriting, Content Strategy, dan Sales and Marketing melalui pelatihan intensif. Peserta KKN tidak hanya memperoleh pemahaman teoritis tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis dalam mengembangkan konten yang menarik, merancang strategi konten yang efektif, serta menguasai teknik penjualan dan pemasaran yang dapat meningkatkan daya tarik produk. Produk-produk komunitas menunjukkan potensi besar untuk mendapatkan perhatian konsumen lokal dan regional berkat penerapan strategi konten yang kreatif dan keterampilan pemasaran yang telah ditingkatkan. Hal ini berdampak pada peningkatan visibilitas produk lokal dan memperkuat posisi komunitas dalam ekosistem ekonomi lokal. Kegiatan puncak KKN berupa partisipasi dalam Festival UMKM bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kampus dan masyarakat serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan antara UMKM dan lembaga pendidikan. Melalui festival ini, para pelaku UMKM dapat memperluas jaringan, meningkatkan penjualan, dan memperdalam pemahaman bisnis mereka. Festival ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih memahami peran penting UMKM dalam memajukan perekonomian lokal, serta menekankan pentingnya UMKM bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Melalui pelatihan dalam bidang Copywriting, Content Strategy, dan Sales and Marketing, Acara Pameran LPPM ITK 2024, dan Lomba Product Pitching tim berhasil meningkatkan keterampilan mereka dalam hal-hal digital marketing. Kemudian, produk- produk komunitas memiliki potensi untuk mendapatkan perhatian konsumen lokal dan regional melalui penerapan strategi konten yang kreatif dan efektif serta peningkatan keterampilan pemasaran. Sebagai partisipasi dalam Festival UMKM, para pelaku UMKM dapat memperluas jaringan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan pemahaman bisnis mereka. Diharapkan program ini ke depan dapat dilanjutkan melalui pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode berikutnya atau program pengabdian kepada masyarakat sebagai program kerja himpunan mahasiswa ITK pada periode selanjutnya. Atau bahkan dengan bantuan dana yang lebih besar.

 


Manfaat

1. Mempublikasikan hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat ITK 2024

2. Menjadi bahan referensi bagi pengabdian kepada masyarakat berikutnya

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya