Focus Group Discussion Riset Pasar dan Sosialisasi Business Model Canvas (BMC) KKN Kelompok C1 Institut Teknologi Kalimantan Dengan Fokus Pengembangan Kelurahan Karang Joang KM.21 Pada Peningkatan Branding dan Digital Marketing Produk Teh Kulit Salak

  • Ketua Pengabdian: Anggela, S.TP., M.Sc., M.Sc | Anggota: Budi Prayitno, Anggela Puspita, Anindya P Inayah, Khairun Amalia D, M. Aqsal Ilham S, M. Naufal Muhyiddin, Oktaviani Agnesia J, Yulia Al Zahrah P
  • Tahun Pengabdian: 2024

Deskripsi

Program selanjutnya yang dilaksanakan oleh tim KKN dengan melakukan riset pasar. Tujuan kegiatan riset pasar ini adalah untuk mengidentifikasi produk pesaing teh kulit salak yang terdapat di pasar online maupun offline sehingga dari hasil riset tersebut dapat dilakukan strategi bisnis dengan baik. Identifikasi dilakukan dengan melihat harga jual, jenis kemasan, ukuran produk, dan banyaknya peminat pada produk pesaing. Setelah melakukan kegiatan riset pasar, selanjutnya dilakukan focus group discussion (FGD) terkait riset pasar yang telah  dilakukan dengan tujuan membuka diskusi dengan masyarakat di kelurahan karang joang KM. 21. Selain FGD, pada hari yang sama juga dilakukan sosialisasi business model canvas (BMC) dengan tujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang rancangan, gambaran, dan evaluasi model bisnis pada produk teh kulit salak.

 

Gambar 1. FGD dan Sosialisasi BMC

 

Kegiatan riset pasar dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024, untuk FGD Riset pasar dan Sosialisasi BMC dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 Maret 2024 dengan   beberapa rangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan pertama adalah pembukaan, pembacaan doa, dan dilanjutkan dengan pemaparan program KKN oleh tim KKN, pengisian kuesioner oleh masyarakat dan rangkaian kegiatan terakhir berupa dokumentasi bersama.


Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Suin selaku mitra KKN, warga masyarakat KM.21 yang berjumlah 11 orang, serta mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan yang merupakan tim KKN. Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapatkan dukungan penuh dari mitra dan juga masyarakat.
 


Manfaat

1. Menganalisis kondisi pasar serta kompetitor agar dapat mengenali kebutuhan pelanggan serta preferensi  pelanggan.

2. Menjadi peluang bagi produk teh kulit salak yang akan di branding untuk dapat diterima oleh pelanggan dan juga menganalisis kemasan produk agar lebih menarik minat konsumen, melindungi produk, dan memperkuat citra merek.

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya