Penyelenggaraan Komunikasi pada Bab I, pasal poin 20 menjelaskan bahwa: “Penyelenggaraan Sistem Elektronik di Pemerintahan yang selanjutnya disebut e- Government adalah pemanfaatan Teknologi Informasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas”. Dinas XYZ Kota Balikpapan merupakan salah satu instansi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam menyebarkan informasi dengan menggunakan Website yang diimplementasikan pada tahun 2017. situs website ini diakses secara online. yang digunakan sebagai media informasi. Website Dinas XYZ Kota Balikpapan memiliki fitur beranda, fitur visi misi, fitur struktur organisasi, dan fitur tupoksi.
Semenjak dibangunnya website pada tahun 2017 sampai sekarang belum pernah dilakukan evaluasi, sehingga pihak Dinas tidak mengetahui bagaimana pendapat masyarakat terhadap website. Apakah sudah memenuhi kebutuhan pengguna, apakah website tersebut sudah efektif dan efisien bagi pengguna,dst. Permasalahan tersebut berhubungan dengan faktor keberhasilan usability Website yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Usability merupakan atribut untuk mengukur kemudahan sebuah desain antarmuka pada saat digunakan oleh pengguna (Ginting et al., 2021). Dengan demikian, perlu dilakukan evaluasi usability. Pemilihan metode evaluasi mempertimbangkan penerapan metode Website Usability Evaluation dengan mempertimbangkan keterlibatan pengguna untuk memberikan evaluasi pada Website tersebut dan hasil yang didapatkan untuk mengetahui nilai dan level usability pada website.
Penelitian dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu tahapan studi literatur, tahapan identifikasi masalah, penentuan indikator dan penyusunan kuesioner, tahap uji pilot instrumen penelitian, tahapan pengambilan data, tahapan uji validitas dan uji reliabilitas, tahap analisis data, tahapan pembuatan prototype dan tahapan evaluasi prototype serta terakhir adalah kesimpulan serta saran. Jika pada tahapan uji pilot instrument penelitian dilakukan secara sukses maka akan dilanjutkan ke tahap pengambilan data, namun jika pada tahapan uji pilot tidak sukses maka harus Kembali ke tahapan perancangan model penelitian dan desain instrumen.
Penelitian ini melakukan evaluasi dengan metode webuse dan menyebarkan kuesioner kepada 57 responden. Setelah melakukan Analisa terhadap data yang telah diperoleh dari perhitungan usability bahwa variabel W1 (Content, Organization & Reaadability) mendapatkan rata – rata nilai merit 3,24 dan nilai usability 0,54 dimana masuk dalam level usability “Moderate”. Variabel W2 (Navigation & links) rata – rata nilai merit 3,61 dan nilai usability 0,60 dimana masuk dalam level usability “Moderate”. Variabel (User Interface Design) W3 rata – rata nilai merit 3,31 dan nilai usability 0, 55 dimana masuk dalam level usability “Moderate”. Variabel W4 rata – rata nilai merit 3,71 dan nilai usability 0,62 dimana masuk dalam level usability “Good”. Setelah diperoleh hasil keseluruhan dari nilai usability bahwa nilai usability yang didapatkan pada Website Dinas Kesehatan Kota Balikpapan adalah 0,58 masuk dalam level usability “Moderate”. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan variabel yang perlu dilakukan perbaikan adalah W1 (Content, Organization & Reaadability), W2 (Navigation & links) dan W3 (User Interface Design) dikarenakan, pada variabel tersebut mendapatkan level usability “Moderate”. Dari variabel yang telah disebutkan terdapat permasalah - permasalahan dari masing masing variabel yaitu:
Berdasarkan hasil analisis yang didapat selanjutnya akan dibuat perancangan rekomendasi berdasarkan nilai usability pada tingkat “moderate” yakni pada permasalahan kondisi sedang. Dalam hal ini sesuai dengan penelitian serupa perlu dibuat sebuah rekomendasi sesuai dengan indikator pada metode webuse. Berikut contoh hasil rekomendasi yang diberikan tampilan lama dan hasil rekomendasi yang diberikan. Pada tampilan lama halaman beranda bahwa elemen – elemen pada website kurang menarik dari segi tampilan, pengimplementasian warna pada Website, tampilan pada website tidak konsiten. Dengan demikian, hal – hal tersebut membuat pengguna merasa kruang nyaman saat menggunakan website sehingga dibutuhkan adanya perancangan rekomendasi agar pengguna merasa nyaman saat menggunakan website tersebut. Berikut Gambar 1a. Tampilan lama halaman beranda. Selanjutnya Gambar 1b. merupakan hasil perbaikan tampilan lama terkait konten yang tidak tersusun dengan baik, kesulitan pengguna dalam menemukan informasi pada website. Website memberikan fitur kontak kami, perubahan tata letak pengumuman, prosedur layanan dan sambutan kepala dinas dibuat vertical selain itu, pada berita terkini sebelumnya hanya berupa teks kemudian, pada rekomendasi ditambahkan foto dan keterangan kegiatan agar ebsite terlihat lebih bervariasi. Dan ukuran font dan shape dibuat sama rata sehingga penyusunannya menjadi lebih rapi. Buku tamu dipindahkan pada bagian footer agar tidak menganggu halama beranda. Dimana fungsi dari prosedur layanan ini untuk memudahkan pengguna dalam melihat prosedur – prosedur yang ada pada layanan berobat, pengelolalan informasi publik dan pelayanan BPJS kelas 3, selain itu berita terkini beriisikan berita yang akan disampaikan Dinas terkait kegiatan terbaru yang dilakukan pada berita terkini berisikan tanggal kegiatan dilakukan, tempat kegiatan serta judul kegiatan. Pada bagian footer halaman beranda berisikan survey kepuasan pengguna terhadap layanan dan buku tamu yang dapat diisi oleh pengguna.