Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan teknologi untuk membantu berbagai macam kegiatan atau perkerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Kebutuhan terhadap teknologi informasi pada sekarang ini telah menjadi kewajiban untuk setiap industri ataupun organisasi. Rata-rata seluruh aktifitas baik yang terletak pada sesuatu industri maupun organisasi tidak terlepas dari kedudukan teknologi informasi yang ada saat ini. Teknologi informasi merupakan sekumpulan komponen yang digunakan untuk memproses sebuah informasi serta melaksanakan tugas - tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi saat ini sudah menjadi fokus utama dari setiap kegiatan bisnis serta sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap perubahan mendasar dalam manajemen serta struktur organisasi (H. & Muhammad., 2014).
Institut Teknologi Kalimantan (ITK) merupakan perguruan tinggi negeri baru (PTNB) yang didirikan pada tahun 2012 dan disahkan melalui Perpres No. 125 Tahun 2014. Sebagai perguruan tinggi negeri baru, saat ini ITK masih berada pada tahap rintisan sebagai institusi pendidikan baru di bidang sains dan teknologi yang ada di Kalimantan. Sejak tahun 2012, ITK berupaya untuk mempersiapkan organisasi dan tata kerja dengan memadukan sumberdaya yang ada dan standarisasi sistem administrasi ke dalam organisasi dan tata kerja. Penataan organisasi dan tata kerja dilakukan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan yaitu dengan mengadopsi struktur dan tata kerja yang menerapkan prinsi-prinsip Good University Governance (GUG). Prinsip - prinsip ini meliputi transparansi, efisiensi, akuntabilitas dan responsibilitas.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan di suatu perguruan tinggi, salah satunya adalah pelayanan surat menyurat yang merupakan salah satu jenis pelayanan yang terpenting yang ada disetiap perguruan tinggi dan sebagai sarana yang dapat menunjang kegiatan baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Salah satu sistem informasi yang akan dibangun saat ini adalah sistem informasi surat perintah perjalanan dinas. Dimana sistem ini digunakan untuk mengakomodir kinerja tenaga kependidikan di lingkungan Institut Teknologi Kalimantan. Atas dasar itu maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui proses pembangunan sistem informasi manajemen Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Institut Teknologi Kalimantan.
Manfaat yang didapatkan oleh ITK yaitu yang pertama memudahkan pegawai untuk melakukan pembuatan surat perintah perjalanan dinas, dan yang kedua yaitu memudahkan pembuatan laporan anggaran