Pengabdian kepada Masyarakat “Solusi Strategis Dalam Meningkatkan Penjualan UPPKS Dengan Menggunakan Metode Sosial Media Marketing"

  • 31 Mei 2021
  • Admin

Salah satu tim dari kelompok KKN ITK telah menyelesaikan kegiatannya Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di kediaman Ketua UPPKS sekaligus Ketua RT.14 yang di hadiri oleh anggota UPPKS.yang berlangsung selama 6 minggu rutin setiap sabtunya. Kegiatan KKN ini berupa sosialisasi dan pelatihan penggunaan media sosial pada pelaku usaha rumahan yang juga terkena dampak dari pembatasan saat wabah Covid-19.

 

Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa KKN ITK dari permasalahan yang telah diidentifikasi. Permasalahan yang terjadi yaitu usaha mereka banyak yang rugi bahkan tutup ataupun pendapatan yang cenderung menurun dengan jumlah karyawan harus dikurangi, masalah modal, alat atau mesin yang hilang dan rusak, serta promosi produk.

(6/3/21) Pada minggu pertama pengenalan tentang ITK serta memaparkan kegiatan pelatihan yang akan dilakukan kedepannya. Guna mendukung kelancaran kegiatan mahasiswa menyiapkan beberapa device seperti smartphone, laptop, dan proyektor dengan proses penyampaian materi atau praktik oleh mahasiswa diselingi tanya jawab. Kemudian untuk mahasiswa yang lain membantu apabila ibu-ibu pesertaa mengalami kendala. Selain itu peserta

 

KKN juga di fasilitasi grup whatsapp untuk memberikan informasi lebih lanjut dan juga apabila terdapat pertanyaan bisa ditanyakan lewat grup whatsapp tersebut.

(13/3/21) Kegiatan minggu kedua tersebut dihadiri oleh peserta dari kelompok UPPKS, mahasiswa, dan ibu Amalia Rizqi Utami, S.T., M.T (dosen pembimbing). Kegiatan tersebut dimulai dengan absensi, pembukaan, penyampaian materi tentang pentingnya bermedia sosial untuk peningkatan penjualan untuk UMKM (Usaha Micro Kecil Menengah), dilanjutkan tanya jawab serta membagikan konsumsi kepada peserta. Setelah itu dilakukan penyemprotan disifektan disekitar rumah warga dan membagikan masker.

 

(20/03/21) Dalam kegiatan minggu ketiga, penyampaian materi mengajarkan bagaimana cara membuat akun serta penggunaannya dalam media sosial terutama dalam aplikasi Instagram dan Facebook. Dalam kegiatan penyampaian materi ini diawali dengan pembuatan akun, mengenal dan mempelajari fitur-fitur yang terdapat didalam Instagram, cara mengupload foto ataupun video diposting dalam feed ataupun instastory. Selanjutnya mempelajari mengenai aplikasi Facebook. Mulai dari membuat akun, lalu mempelajari bagaimana fitur-fitur yang ada di facebook, mulai dari memposting foto di halaman facebook atau fitur fanpage yang bisa dipilih berdasarkan fanpage untuk jual-beli Balikpapan, ataupun kuliner makanan di Balikpapan. Setelah itu juga mengajari bagaimana menghubungkan aplikasi Instagram dengan facebook, kegunannya disini peserta bisa mengupload gambar dengan sekali upload dan bisa ter-posting langsung di kedua aplikasi tersebut.

 

(27/3/21) Kegiatan pada minggu keempat tersebut berupa sesi penyampaian materi pengenalan aplikasi Canva dan praktik membuat feed ataupun poster produk. Dalam kegiatan penyampaian materi ini diawali dengan pembuatan akun Canva terlebih dahulu, lalu mengenal dan mempelajari fitur-fitur yang terdapat didalam Canva. Peserta KKN sangat antusias terhadap penyampaian materi ini, dikarenakan ini merupakan pengalaman baru bagi mereka. Setelah mengenal fitur – fitur pada Canva, peserta mulai membuat poster produk mereka masing – masing sesuai arahan dari pemateri. Poster tersebut berisi informasi berupa nama produk, moto produk, harga produk, alamat penjual, dan kontak penjual. Hasil poster yang dibuat cukup bagus mengingat ini merupakan pertama kali peserta membuat poster dengan menggunakan Aplikasi Canva. Diharapkan materi tentang pembuatan poster produk ini dapat membantu peserta dalam mempromosikan atau memasarkan produknya ke masyarakat Balikpapan.

 

 

(3/4/21) Pada minggu kelima pemaparan materi mengenai logo dan fungsinya, kemudian praktik pembuatan logo. Peserta dibantu dalam mengoperasikan aplikasi Canva oleh mahasiswa. Beberapa ternyata sudah memiliki atau membuat logo untuk usahanya, sehingga hal ini membantu warga yang belum memiliki logo produk sebelumnya. Setelah pembuatan logo maka peserta bisa menggunakan logo yang sudah dibuat untuk usahanya dengan mencetak dan memasangkan pada produk agar kedepannya mudah untuk dikenali. Diadakan lomba membuat poster guna melihat sejauh mana pemahaman peserta mengenai pelatihan yang dilakukan.

(11/4/21) Pada minggu keenam sekaligus penutup dari rangkaian seluruh kegiatan kegiatan KKN oleh Kelompok KKN ITK. Dimulai dari penyampaian pesan dan kesan, pengisian kuesioner, pengumuman pemenang lomba poster, penyerahan bak sampah, dan foto bersama.

Harapannya semoga dengan kegiatan KKN ini, UPPKS dapat mandiri untuk mempromosikan produk-produk mereka dan UMKM UPPKS dapat lebih maju dan dikenal oleh masyarakat.

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya