Upaya Branding Wisata Kebun Melon Sumber Berkah di Jl. Soekarno Hatta No.17, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Sebagai Sarana Edukasi Anak-Anak

  • Ketua Pengabdian: Hesti Rosita Dwi Putri, S.Pd., M. Ds | Anggota: Dr. Ir. Hijriah, S.T., M.T., Riyan Hadi Permana, Hendri Baransano, Narumi Patricia N., Abidzar Cahyana F., Siahaan, Lita Sinta F., Afifah Raidatul Aisy, Nurhalisa, Salsabila
  • Tahun Pengabdian: 2024

Deskripsi

Kebun Melon Sumber Berkah adalah salah satu tempat wisata dengan luas 8.500 m2 yang terletak di Jalan Soekarno Hatta No.17, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kebun Melon Sumber Berkah ini merupakan salah satu kebun buah yang terletak di tengah permukiman dan dapat dijadikan tempat wisata edukasi. Kebun Melon Sumber Berkah memiliki potensi yang dapat dikembangkan lebih baik seperti hasil kebunnya yang berupa buah semangka, buah melon, tomat, jagung, labu, cabai, dan pakcoy. Namun, kurangnya promosi yang dilakukan oleh pengelola terhadap Kebun Melon Sumber Berkah ini menyebabkan tidak banyak orang yang tahu terkait penjualan hasil Kebun Melon Sumber Berkah ini. Berdasarkan permasalahan ini, Tim KKN 1L ITK telah melaksanakan program dengan tujuan meningkatkan branding Wisata Edukasi Kebun Melon Sumber Berkah untuk semua kalangan usia.

 

Tim KKN 1L ITK telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka upaya branding Wisata Edukasi Kebun Melon Sumber Berkah. Berikut adalah program-program yang telah dilakukan:

1. Melakukan Branding di laman sosial media

Tim KKN 1L ITK melakukan pembuatan video reels dengan tujuan mempromosikan Kebun Melon Sumber Berkah kepada khalayak umum di sosial media seperti, instagram dan tiktok. Upaya brading selain melalui media sosial juga memperkuat identitas produk dari Kebun Melon Sumber Berkah dengan membuat logo yang berupa stiker untuk ditempelkan pada produk hasil panen.

 

Branding juga dilakukan pada pembuatan brosur Kebun Melon Sumber Berkah sehingga dapat menjadi sarana promosi kepada masyarakat. Brosur berisi tentang profil, kegiatan yang dilakukan, jenis tumbuhan yang dibudidayakan, dan jam operasional.

 

 

 

2. Melakukan sosialisasi kepada anak-anak paud

Tim KKN 1L ITK melakukan sosialisasi kepada anak-anak Paud Nurul Huda terkait bagaimana cara menanam bibit buah melon dan bagaimana cara merawat pohon buah melon. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat siswa-siswi paud untuk lebih tertarik terhadap buah melon terutama buah melon di Kebun Melon Sumber Berkah.

 

3. Pengadaan Fasilitas Penunjang Sarana Wisata Edukasi Kebun Melon Sumber Berkah

Tim KKN 1L ITK melakukan pembuatan plang penunjuk arah yang diletakkan di 10 titik yakni, di Jalan Indrakila, Jalan Gn. Steling, Jalan Padat karya, Jalan Padat Karya II, Gang Pilot. Pembuatan brosur dan stiker sebagai salah satu upaya untuk memberi informasi kepada pengunjung Kebun Melon Sumber Berkah. Brosur ini berisi informasi terkait Kebun Melon Sumber Berkah, program yang dilaksanakan oleh Kebun Melon Sumber Berkah, dan jenis melon unggulan serta sayuran yang terdapat di Kebun Melon Sumber Berkah. Selanjutnya kami telah melakukan pembuatan plang informasi terkait buah dan sayuran di Kebun Melon Sumber Berkah untuk diletakkan di depan pintu masuk menuju kebun. Tim KKN 1L ITK juga melakukan penambahan 2 tong sampah berukuran besar dan melakukan pembuatan poster jadwal memanen yang ditempel di papan informasi. Tim KKN 1L ITK juga melakukan penambahan fasilitas seperti celemek dan caping untuk pengunjung dengan kalangan anak-anak

 

 

 

Kesimpulan
Melalui program upaya branding Wisata Edukasi Kebun Melon Sumber Berkah, Tim KKN 1L ITK telah berperan dalam meningkatkan kualitas dan jangkauan Wisata Edukasi Kebun Melon Sumber Berkah. Dengan adanya video branding di sosial media, sosialisasi kepada siswa-siswi paud, dan penambahan fasilitas penunjang diharapkan dapat meningkatkan jangkauan terhadap seluruh kalangan baik dari dalam Kota Balikpapan maupun luar Kota Balikpapan dan pengelola Kebun Melon Sumber Berkah dapat merasakan dampak peningkatan ekonomi yang signifikan. Pengabdian ini tidak hanya membantu dalam branding saja, tetapi juga dapat menciptakan kenyamanan bagi pengunjung. Kolaborasi antara pihak pengelola, warga, lembaga pendidikan, dan pemerintah, kita dapat mencapai tujuan bersama dalam menjadikan Kebun Melon Sumber Berkah sebagai wisata edukasi yang berkualitas dan berkelanjutan.


Manfaat

1. Memperkenalkan Kebun Melon Sumber Berkah sebagai sarana Wisata Edukasi melalui promosi di media sosial.

2. Meningkatkan fasilitas guna meningkatkan kualitas dan daya tarik Kebun Melon Sumber Berkah sebagai destinasi Wisata Edukasi.

3. Memberikan pengalaman belajar untuk anak - anak dan mempromosikan Kebun Melon Sumber Berkah kepada seluruh kalangan usia.

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya