Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Milenial dan Berbagi Berkah Bulan Ramadhan di Yayasan Melati Bangsa Panti Asuhan Nurjanah

  • Ketua Pengabdian: Yuyun Tri Wiranti, S.Kom., M.MT. dan Mahasiswa
  • Tahun Pengabdian: 2021

Deskripsi

Senin, tanggal  3 Mei 2021 pukul 16.00 - 19.00 WITA. Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Program Studi Sistem Informasi melakukan Sosialisasi Mengenai “Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Milenial”. Kegiatan ini diselenggarakan di Yayasan Melati Bangsa, Panti Asuhan Nurjannah Balikpapan dan target atau sasaran dari sosialisasi ini ialah anak - anak panti beserta pengurus panti tersebut. Tujuan kegiatan ini agar memberikan wawasan atau pengetahuan betapa pentingnya pendidikan karakter di masa sekarang, agar terciptanya masa depan yang cerah bagi bangsa dan negara.

 

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh anak-anak yang berjumlah 10 orang dan 5 orang  pengurus panti asuhan. Untuk mendukung kebutuhan sosialisasi mahasiswa pelaksana Pengabdian Masyarakat mempersiapkan laptop sebagai media untuk mempresentasikan materi. Setelah pemaparan materi mahasiswa juga mengajak anak panti untuk ice breaking dengan game sambung ayat dan tebak surah surah pendek Al - Quran bagi pemenang dihadiahkan uang tunai, sehingga kegiatan lebih menyenangkan. Selain kegiatan sosialisasi, ada juga acara buka puasa bersama yang dilakukan pada akhir kegiatan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak anak panti dan pengurus panti dapat mengatasi kurangnya pemahaman dan penerapan pendidikan karakter, baik dalam hal pembelajaran maupun penerapan di sekolah baik antara pengurus dan anak-anak panti tersebut.


Manfaat

Dengan adanya kegiatan edukasi ini diharapkan anak panti dan pengurus panti mendapatkan wawasan baru mengenai pendidikan karakter. Pada saat ini Indonesia sudah masuk dalam era globalisasi, dimana salah satunya ditandai dengan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat.