Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk perhatian tim pengabdian atas berbagai masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini adalah menurunnya minat belajar siswa yang disebabkan banyak faktor di antaranya karena pengaruh internet, game online, dan media sosial. Penggunaannya yang tidak terkontrol di kalangan pelajar membuat waktu mereka banyak terbuang sia-sia, dan sangat berpengaruh pada semangat dan minat siswa untuk belajar. Berdasarkan data pada tahun 2023, Indonesia menempati urutan ke empat negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia dengan total pengguna sebanyak 212,9 juta jiwa.
Selain penggunaan internet di kalangan pelajar yang tidak terkontrol, masalah lain yang dihadapi di dunia pendidikan Indonesia adalah ketimpangan kemampuan digital antara guru yang senior dan guru yang masih muda. Banyak di antara guru-guru senior yang tidak melek teknologi, sehingga mereka kesulitan dalam menumbuhkan semangat belajar siswa. Pengabdian ini fokus untuk mencoba memberikan solusi bagi permasalahan tersebut. Dengan menggandeng mitra yaitu SMAN 7 Balikpapan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan harapan bisa menjadi salah satu langkah kecil yang berdampak besar dalam mengatasi permasalahan di atas.
Dalam pelaksanaanya, program ini menyasar para guru di SMAN 7 Balikpapan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan pengetahuan tentang inovasi pembelajaran menggunakan aplikasi blooket sebelum dan setelah dilaksanakannya pelatihan. Sebelum dilaksanakkannya pelatihan, pengetahuan peserta dapat dilihat pada grafik (lihat Gambar 1), dan setelah pelatihan dapat dilihat pada Gambar 2.
Gambar 1. Grafik persentase pemahaman peserta sebelum pelatihan
Gambar 2. Grafik persentase pemahaman peserta setelah pelatihan
Selain dampak langsung, program ini berpotensi memberikan manfaat jangka panjang. Dengan memanfaatkan inovasi ini secara berkelanjutan, akan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para peserta didik dan juga bagi para guru.
Pada akhirnya, program ini diharapkan tidak hanya menjadi solusi bagi permasalahan di SMAN 7 Balikpapan, tetapi juga menjadi contoh yang bisa diterapkan pada institusi pendidikan lainnya.
Dokumentasi:
Pengabdian kepada Masyarakat ini telah berhasil membantu mitra dalam meningkatkan pemahaman tentang gamifikasi dan juga meningkatkan keterampilan dalam menggunakan tools tambahan dalam proses pembelajaran.