Kreasi Dari Panti Asuhan Amanah Ummat Mengenai Kerajinan Tangan Menggunakan Metode Pekerjaan Lapangan

  • Ketua Pengabdian: Yuyun Tri Wiranti, S.Kom., M.MT. dan Mahasiswa
  • Tahun Pengabdian: 2021

Deskripsi

Pada masa pandemic seperti ini, pelajar diimbau untuk melakukan pembelajaran dari rumah dan diharapkan dapat mengurangi aktivitas di luar rumah. Banyak orang, terutama anak-anak merasa bosan atau bahkan stress karena harus menetap di rumah dalam waktu yang tidak pasti, bahkan sebagian dari mereka hanya melakukan aktivitas yang monoton. Oleh karena itu banyak diantara mereka yang mencari aktivitas baru atau melakukan hobi masing-masing untuk mengurangi rasa bosan agar tidak stress.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami laksanakan di Panti Asuhan Amanah Ummat pada Kamis, 6 Mei 2021 mencakup beberapa agenda, antara lain:

 

Sosialisasi terkait protokol kesehatan

Kegiatan ini diawali dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana dari tim pelaksana kepada anak-anak Panti Asuhan Amanah Ummat tentang pengetahuan mereka seputar Covid-19. Kemudian setelahnya tim pelaksana mempresentasikan terkait protokol kesehatan yaitu dari 5M yang merupakan pedoman protokol kesehatan di Indonesia, dan dilanjutkan dengan cara penggunaan masker serta tahapan mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer dengan benar sesuai aturan WHO.

 

Implementasi materi oleh anak-anak panti

Setelah penjelasan dari tim pelaksana selesai, kegiatan selanjutnya adalah beberapa anak-anak Panti Asuhan Amanah Ummat mempraktikkan atas apa yang sudah dijelaskan, baik itu penggunaan masker ataupun memperagakan langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO. Banyak dari mereka yang sudah paham kemudian menjelaskan kepada teman-teman lain yang usianya di bawah mereka.

 

Pelaksanaan kelas keterampilan

Pertama-tama dari tim pelaksana memberikan arahan bagaimana proses dalam membuat kerajinan gelang dari benang jahit. Dalam hal ini anak-anak Panti Asuhan Amanah Ummat dibebaskan bertanya mengenai pembuatan kerajinan. Kemudian pada saat pengimplementasian dari yang telah diajarkan, tim pelaksana membaginya dalam 6 kelompok, dimana 1 kelompok berisi 5 orang. Tim pelaksana mengajarkan secara langsung kepada mereka, membimbing dengan hati-hati karena adanya penggunaan benda tajam (gunting). Membagikan benang jahit yang sudah kami sediakan kemudian membantu mereka yang kesulitan untuk memotong benang atau membuat simpul.

 

Pembagian takjil dilanjutkan dengan penyerahan barang dan uang donasi

Setelah dilakukan sesi foto bersama, kami tim pelaksana membagikan makanan takjil yang sudah kami sediakan untuk anak-anak Panti Asuhan Amanah Ummat yang sudah hadir sekaligus bersalaman dengan mereka. Kemudian melakukan penyerahan atas donasi yang kami dapatkan dari donatur maupun dana pribadi. Juga barang berupa sandang dengan jumlah celana (2), baju (13), dan kerudung (2).


Manfaat

Mengurangi tingkat kebosanan anak-anak, mereka memiliki aktivitas positif untuk dapat dilakukan di waktu luang dan menjaga diri mereka sendiri serta mengingatkan kepada orang lain atas informasi yang mereka dapatkan terkait pandemic dan cara pencegahannya terhadap Covid-19