Penelitian yang berjudul Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Keilmuan Bidang Keteknikan untuk Perguruan Tinggi telah berhasil dikembangkan sebagai upaya mendukung proses pembelajaran di kalangan mahasiswa. Buku ini dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada mahasiswa dan dosen pada mata kuliah bahasa Indonesia yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikan keterampilan bahasa Indonesia dalam konteks teknis yang nyata, seperti menulis proposal penelitian, laporan penelitian, atau artikel ilmiah.
Salah satu manfaat utama dari penyusunan buku teks bahasa Indonesia adalah memperkuat kemampuan berbahasa Indonesia ilmiah di kalangan mahasiswa teknik. Selain itu, buku ini juga dirancang untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa yang tidak hanya fokus pada tulisan, namun juga mengintegrasikan latihan komunikasi lisan melalui presentasi ilmiah dan diskusi kelompok. Penguasaan komunikasi ilmiah yang efektif sangat penting bagi mahasiswa teknik, mengingat mereka sering kali harus menyampaikan gagasan teknis secara jelas dan sistematis, baik dalam forum akademik, presentasi proyek, maupun di lingkungan profesional.
Buku ini dikembangkan melalui penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE (Analyze–Design–Develop–Implement–Evaluate) yang menggunakan pendekatan sistematis untuk memastikan bahwa hasil akhirnya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mahasiswa teknik di perguruan tinggi. Pada tahap analisis, peneliti mengidentifikasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa sering kali kesulitan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan konsteks penulisan ilmiah. Dosen juga menginginkan materi yang dapat mendukung proses pembelajaran berbasis proyek, sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan kurikulum. Pada tahap perancangan, buku disusun berdasarkan hasil temuan dari analisis kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya. Perancangan ini tidak hanya mencakup penyusunan muatan materi di setiap bab, tetapi juga melibatkan perancangan desain buku secara keseluruhan. Desain tersebut mencakup tata letak, visualisasi, dan struktur penyajian materi yang dirancang untuk mendukung pembelajaran secara efektif. Pada tahap pengembangan, buku dikembangkan berdasarkan desain yang sudah dibuat dan melakukan finalisasi isi keseluruhan sebelum digunakan. Pada tahapan implementasi, materi ajar yang dimuat dalam buku tersebut diberikan kepada mahasiswa untuk mendapatkan feedback mereka terhadap buku yang telah digunakan. Pada tahapan evaluasi, perbaikan dilakukan berdasarkan hasil implementasi lapangan untuk penyempurnaan buku. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, baik dari segi konten maupun desain, serta mampu mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan relevan di perguruan tinggi.
Buku teks ini akan menjadi sumber belajar yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa teknik di perguruan tinggi.