Motif Tenun Hatta sebagai Penguat Identitas Atraksi Wisata Air Kota Samarinda

  • Fokus Riset: Smart City

  • Ketua Peneliti: Fulka Tajri M, S.Pd., M.Sn. | Anggota : Olivia Febrianty Ngabito, M.Sn, dan Sasferi Yendra, S.Pd., M.Sn.
  • Tahun Penelitian: 2023

Deskripsi

Sungai Mahakam merupakan salah satu identitas dan daya Tarik kota Samarinda, membelah Samarinda Kota dan Samarinda Seberang serta dihubungkan dengan Jembatan Mahkota, Jembatan Mahkota 2 dan Jembatan Mahkota 3. Hulu sungai Mahakam berada pada kabupaten Kutai Barat hingga Hilir Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Sungai Mahakam juga merupakan sungai terpanjang ke 2 di Indonesia setelah sungai Kapuas. Menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar hingga Negara dengan lalu lalangnya kapal tongkang pembawa batu bara dari hulu ke hilir Mahakam.

 

Eksistensi Sungai Mahakam menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, ditambah dengan adanya Kapal Wisata Mahakam yang memberikan Atraksi Wisata menyusuri Sungai Mahakam dengan pilihan rute yang dapat dipilih oleh wisatawan. Berdasarkan data Statistik Daerah Kota Samarinda tahun 2022, Jumlah wisatawan yang berkunjung setiap bulan ke Kota Samarinda cendrung fluktuatif sejak tahun 2021. Jumlah kunjungan wisatawan tertinggi terjadi pada bulan April mencapai 195.498 orang dan paling rendah pada bulan Agustus yaitu 46.830 orang. Wisatawan di Kota Samarinda masih didominasi oleh wisatawan domestik. Hadirnya Kapal Wisata Mahakam ini tentunya menjadi sebuah identitas baru lagi bagi masyarakat setempat dalam menarik kembali perhatian wisatawan lokal maupun luar, dengan harapan akan kembali lagi. Namun kehadiran saja belum menjadi identitas sebuah pariwisata daerah secara spesifik, apalagi yang berada dikawasan sungai.

 

Sesuai dengan Perda Kota Samarinda Nomor 4 Tahun 2020 tentang RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DAERAH TAHUN 2019-2025, menyatakan bahwa visi Kota Samarinda dicanangkan menjadi Kota Tujuan Wisata Unggulan Yang Berbasis Ekonomi Kreatif. Strategi. Uuntuk mewujudkan visi tersebut salah satunya melalui pengembangan kawasan daerah sebagai kawasan wisata pesona alam sungai mahakam sebagai kawasan wisata berbasis rekreasi, wisata tirta, dan ekowisata (Pemerintah Kota Samarinda, 2020). Menindaklanjuti dari visi tersebut tim peneliti akan membuat kombinasi dari masing-masing ikon kota samarinda tersebut (kapal wisata Mahakam dan Motif Hatta) dalam upaya mencipta identitas baru dalam atraksi wisata Kota.

 

 

Hasil dari Penelitian ini berupa rancangan motif Hatta yang telah diterapkan pada kapal wisata Mahakam dalam bentuk gambar digital. Ini merupakan tahapan awal sebelum dibuatkan prototype dalam bentuk 3D print pada tahapan penelitian berikutnya. Setelah ada rancangan, peneltian ini juga menunjang dalam sector pasar berupa merchendice sebagai buah tangan dari pengunjung tentang motif Hatta dan Kapal Wisata Mahakam.


Manfaat

1. Memperkuat branding kapal wisata Mahakam sebagai atraksi wisata air Kota Samarinda

2. Pengolahan bentuk motif Hatta yang lebih dinamis tanpa menghilangkan karakternya.

3. Kehadiran merchendice yang menjadi buah tangan pengunjung dengan perpaduan kapal wisata dan motif Hatta Samarinda

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya