Pengabdian Kepada Masyarakat - Mahasiswa KKN ITK Kelompok 6 C yang diketuai oleh Wildan terdiri dari tiga Program Studi yaitu Prodi Matematika, Sistem Informasi dan Informatika dibawah bimbingan Ibu Sri Rahayu Natasia menyelenggarakan sosialisasi serta pelatihan digital marketing sebagai solusi meningkatkan penjualan UMKM pada masyarakat Kelurahan Karang Jati RT. 07, Balikpapan Tengah. Kegiatan ini berlangsung mulai dari 17 Maret 2022 sampai 1 April 2022.
Permasalahan yang ditemukan untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan digital marketing dilatarbelakangi oleh penjualanan produk yang kurang memanfaatkan media sosial untuk membranding produk. Oleh karena itu, diadakannya kegiatan KKN ini dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan teknologi dan strategi penjualan produk di era digital agar dapat meningkatkan penjualan serta mencapai target yang sesuai.
Sebelum diadakannya sosialisasi, dilakukan pre-test yang diikuti oleh 9 warga setempat sebagai peserta untuk menguji pengetahuan warga mengenai marketplace Shopee, pemanfaatan media sosial Instagram dan strategi pemasaran. Dari hasil pre-test yang telah didapatkan, menghasilkan nilai rata-rata sebesar 62.6 sehingga Tim KKN melakukan sosialisasi dan pelatihan terkait pemanfaatan digital marketing untuk menambah dan meningkatkan pemahaman warga setempat. Setelah selesai melakukan pre-test, Tim KKN melakukan kegiatan yang dimulai dari sesi sosialisasi dan pelatihan media sosial Instagram, penyampaian materi terkait Shopee, dan market plan. Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan pelatihan Canva dan Shopee.
Dalam mendukung program pelatihan, maka diadakannya pembuatan produk sebagai bentuk produk yang akan dijual yaitu keripik tempe, cimi-cimi ubi ungu dan sambal goreng tempe. Kemudian ketiga produk tersebut dipasarkan dengan memanfaatkan media sosial dan juga secara konvensional.
Kegiatan KKN terealisasi dengan baik serta diikuti secara aktif oleh warga setempat dengan terjalinnya komunikasi dan mau berkontribusi untuk kelancaran kegiatan. Dalam penutupan kegiatan KKN, dilakukan post-test untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman atau tidak terkait digital marketing. Dari hasil post-test yang telah dilakukan oleh 10 orang warga setempat, didapatkan nilai rata-rata sebesar 82. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman warga mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan dan sosialisasi ini. Diharapkan setelah kegiatan KKN ini berakhir, masyarakat Kelurahan Karang Jati RT. 07 dapat memperkenalkan produk lebih luas, mengembangkan usaha sehingga meningkatkan penjualan.
LPPM - Institut Teknologi Kalimantan