Pengabdian kepada Masyarakat “Workshop Model Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Meningkatkan Optimalisasi Pendidikan Di Kelurahan Margasari”

  • 27 April 2021
  • Admin

Pada Minggu (4/04) Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITK RT 29 Kelurahan Margasari telah menyelesaikan kegiatan dengan tema “Workshop Model Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Meningkatkan Optimalisasi Pendidikan”.

Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa KKN ITK berdasarkan pemasalahan terkait pendidikan di masa pandemi covid 19 dari warga RT 29 Kelurahan Margasari, khususnya dari orangtua dan murid sekolah dasar (SD). Masalah yang ditemukan adalah penurunan nilai dari murid dikarenakan kesulitan menggunakan software pendukung pembelajaran daring yang juga akhirnya membuat para murid tersebut kehilangan semangat untuk bersekolah. Selain itu juga terdapat masalah terkait belum pahamnya orangtua dan bahkan murid itu sendiri dalam melakukan hal-hal teknis seperti mengumpulkan tugas dalam format pdf, mengkompres data-data yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran sekolah dan lain-lain. Kegiatan pelatihan kepada murid dan orang tua murid ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait model pembelajaran daring. Pelatihan ini berisi pemaparan materi terkait sistem pembelajaran daring, cara mengkonversi file, dan simulasi atau praktik langsung penggunaan media pembelajaran seperti google meet dan zoom.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan tatap muka setiap hari minggu dari tanggal 21 Maret hingga 4 April 2021. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Perpusakaan Atas Air Kelurahan Margasari. Setiap pertemuan pelatihan dihadiri oleh 10 peserta murid dan orang tua murid. Untuk mendukung kebutuhan pelatihan, mahasiswa peserta KKN menyiapkan laptop agar dapat mempraktikkan langsung materi yang disampaikan. Setelah pemaparan materi dan praktik, mahasiswa juga mengajak peserta murid untuk ice breaking sehingga kegiatan lebih menyenangkan. Terakhir kegiatan ditutup dengan membagikan hadiah dan makan siang.

 

Selain kegiatan pelatihan juga dilakukan kegiatan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan Perpustakaan Atas Air sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Untuk tindak lanjut dari pelatihan ini, mahasiswa peserta KKN akan melakukan pendampingan terkait pembelaran daring melalui grup whatsapp warga RT 29 Kelurahan Margasari.

 

 

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya