Pengabdian Kepada Masyarakat “Sosialisasi Pentingnya Menerapkan Protokol Kesehatan dan Workshop Pembuatan Desinfektan di Panti Asuhan Al-Firdaus”

  • 10 September 2021
  • Admin

Rabu, 22 April 2021 pukul 13.00-15.00 WITA. Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Program Studi Sistem Informasi melakukan Sosialisasi mengenai “Pentingnya Menerapkan Protokol Kesehatan dan Workshop Pembuatan Desinfektan”. Adapun kegiatan ini berlangsung berdasarkan adanya proyek akhir dari mata kuliah yang diambil yaitu Manajemen dan Organisasi. Kegiatan ini diusung oleh 1 tim yang beranggotakan 6 mahasiswa dan juga 1 dosen selaku pembimbing. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Al-Firdaus yang berada di Balikpapan. Adapun target ataupun sasaran dari dilaksanakan nya kegiatan ini adalah para penghuni panti asuhan Al-Firdaus. Selain itu tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah agar dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan tentang betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan di era pandemi yang masih pasang surut. Selain itu dari tim pelaksana juga membuat workshop pembuatan desinfektan. Hal ini dilakukan dengan tujuan setelah kegiatan workshop ini dilaksanakan, para penghuni panti dapat membuat cairan desinfektan secara mandiri yang dapat menjaga kesehatan udara di sekitar daerah panti dan mencegah adanya virus corona di sekitar daerah tersebut.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 20 anak asuh yang terdiri atas 15 laki-laki dan 5 perempuan dengan rentang usia 4-19 tahun. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, tim pelaksana mempersiapkan laptop sebagai salah satu media untuk memaparkan materi secara aktif dan dapat dipahami dengan jelas. Dalam sosialisasi ini mengangkat  tema menerapkan protokol kesehatan dan juga mengadakan workshop mengenai pembuatan desinfektan. Adapun setelah kegiatan sosialisasi dan workshop ini diadakan,  diharapkan para penghuni panti memahami tentang betapa pentingnya menjaga protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini dan membuat desinfektan demi kepentingan bersama di panti. Setelah proses pemaparan materi selesai, tim pelaksana berinisiatif untuk memberikan ice breaking yang kiranya bisa meningkatkan semangat peserta. Pada akhir kegiatan, tim pelaksana memberikan bingkisan kecil kepada para penghuni panti sebagai bentuk buah tangan. Output yang diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat panti dapat mengetahui lebih mendalam tentang bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi serta cara membuat desinfektan secara mandiri yang dapat digunakan untuk kepentingan panti itu sendiri kedepannya.

 

 

 

Dokumentasi Kegiatan Pembuatan Desinfektan

 

 

 

Manfaat :

1. Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, khususnya pada panti asuhan Al-Firdaus, dalam menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya pada panti asuhan Al-Firdaus, terhadap bahaya dari virus COVID-19.

3. Memberikan pengetahuan terkait pembuatan desinfektan pada anak-anak panti asuhan Al-Firdaus.

 

Tim Peneliti:

  1. Dwi Nur Amalia, S.Kom., M.Kom.. (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  2. Dea Meisya Razaq (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  3. Farhan Aditya Dharma (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  4. Magdalena Arni Ronica Purba (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  5. Mufi Datul Ula (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  6. Nur Azizah Devian Asroriah (Sistem Informasi/JMTI/ITK)
  7. Rijal Ramdhani Syahlie (Sistem Informasi/JMTI/ITK)

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya