Pengabdian Kepada Masyarakat "Program Peningkatan Promosi Kebun Berkah Balikpapan melalui Rancang Bangun Website dan Sosial Media"

  • 16 November 2021
  • Admin

Kebun Berkah merupakan salah satu kebun usaha pribadi di wilayah Kelurahan Batu Ampar, lebih spesifiknya di wilayah Gunung Steling Balikpapan. Kebun ini berfokus pada usaha penanaman buah  seperti melon, semangka, pepaya, cabai, tomat, gambas, bawang dan lainnya. Selain itu kebun ini juga pernah mengembangkan usaha budidaya perikanan. Keberadaan Kebun Berkah turut memberikan kontribusi pada ketahanan pangan di Balikpapan khususnya dalam hal suplai buah lokal. Pemerintah kota Balikpapan juga berharap kebun ini dapat dikembangkan menjadi salah satu objek ekowisata maupun eduwisata.

 

 

 

Potensi Kebun berkah belum banyak diketahui oleh warga Balikpapan. Pengelolaan yang dilakukan selama ini masih konvensional baik dalam proses tanam maupun panen. Selain itu, penjualan hasil panennya masih ditujukan untuk masyarakat sekitar atau kepada orang yang sudah mengetahui keberadaan kebun. Promosi biasanya hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Kendala lain yang dihadapi oleh pemilik adalah modal usaha. Kebun berkah memiliki luas sektar 1 Ha, namun area yang berproduksi masih belum maksimal. Berdasarkan data yang diambil langsung melalui wawancara dengan pemilik kebun, diperoleh bahwa pemilik kebun, bapak Sukirno, ingin meningkatkan promosi kebun agar dapat memperluas pasar serta dapat memperoleh suntikan modal dari investor. Solusi yang ingin ditawarkan dalam kendala pengelola Kebun Berkah adalah melalui pengembangan digital marketing. Di era perkembangan teknologi saat ini, digital marketing terbukti efektif untuk memperkenalkan produk usaha ke masyarakat.

 

Melalui Program Mahasiswa Mengabdi Desa (PMMD) yang dilaksanakan oleh ITK pada tahun 2021, tim PMMD dari kelompok kelurahan Batu Ampar melaksanakan kegiatan perancangan website dan media sosial untuk membantu Bapak Sukirno selakuk pengelola kebun berkah untuk melaksanakan promosi digital aktifitas dan produk kebun berkah. Tim PMMD terdiri dari mahasiswa Sistem informasi;  Andi Alfian, Muhammad Fahri, Olivia Malangi, Yulia Dwi Cahyani, mahasiswa matematika; Fitri Andriyani, Ninda Elivia, dan Prilia Puspita Ningrum. Tim ini diketuai oleh dosen dari Ilmu Aktuaria ITK, ibu Primadina Hasanah yang juga bertugas sebagai pembimbing lapangan, serta dibantu oleh bapak Rizky Arif Nugroho dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota.

 

Kegiatan dilapangan dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2021 dengan output website Kebun Berkah yang dapat diakses pada link https://s.itk.ac.id/kebunberkah sedangkan media sosial dapat diakses melalui laman Instagram @kebunberkah_balikpapan.

 

 

      

 

Selain program perancangan website dan media sossial, tim juga melakukan pelatihan kepada pak Sukirno dan tim untuk mengelola web dan media sosial tersebut. Pak Sukirno dan tim sangat mengapresiasi hasil output kegiatan pengabdian ini karena beliau sudah lama ingin memiliki akun digital untuk Kebun Berkah akan tetapi belum dapat membuat dikarenakan keterbatasan yang dimiliki. Harapannya laman digital ini mampu menjadi media promosi untuk kebun berkah agar mampu meingkatkan penjualan serta menarik minat investor kebun berkah.