Desain logo yang tepat merupakan salah satu alternatif branding yang dapat digunakan oleh umkm. Logo ini nantinya memiliki peran yang sangat penting dari sebuah brand. Logo juga sering kali dianggap sebagai wajah dari sebuah produk yang ditawarkan. Melalui logo, khalayak dapat mengenali suatu produk dan dapat mengaitkannya dengan asosiasi tertentu. Oleh sebab itu, terdapat pendapat bahwa logo harus merepresentasikan entitasnya. Logo sebagai bagian dari brand hendaknya berbeda dari yang lainnya. Sebagai contoh hasil pelaksanaan branding umkm di lingkungan RT 26 Kelurahan Telaga Sari adalah sebagai berikut.
Terdapat enam logo umkm di wilayah RT 26 Kelurahan Telaga Sari (gambar 1). Dalam pembuatan logo-logo ini, desainer memperhatikan elemen penyusunnya. Antara lain seperti gambar, kata-kata, bentuk atau warna, agar tercipta sebuah logo dengan kombinasi yang harmonis yang dapat merepresentasikan produk. Hal ini penting guna menarik minat dari pembeli agar tercipta persaingan yang sehat. Apabila dilihat dari beberapa logo yang telah dibuat, konsep logo-logo ini disesuaikan dengan personalitas produk dari umkm di RT 26. Selain itu pembuatan logo-logo ini juga memperhatikan kriteria lain seperti keunikan berbeda dari yang lainnya, mudah diingat, dan simple.
Logo a merupakan logo dari UMKM yang bergerak dalam usaha ikan cupang. Logo b dan c merupakan logo dari UMKM yang bergerak dalam usaha kuliner jamu dan wingko. Logo d merupakan logo dari UMKM yang bergerak dalam usaha kuliner pentol salome. Logo e merupakan logo dari UMKM susu kedelai. Logo f merupakan logo dari UMKM bakso dan mie ayam. Selain logo juga terdapat desain banner yang ditujukan untuk UMKM bakso, sari kedelai, dan Salome
Hasil Design Banner UMKM RT 26 Telaga Sari
Pembuatan logo secara mandiri oleh umkm juga dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan melalui platform Youtube berikut ini.
Tutorial Membuat Logo :
Tutorial Membuat Banner :