Pengabdian Kepada Masyarakat “Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Sektor Pendidikan Anak”

  • 16 November 2021
  • Admin

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan perlu ditanamkan kepada anak-anak dini. Pendidikan yang diberikan tidak hanya yang bersifat akademik, tetapi juga dapat bersifat non akademik. Menyikapi hal ini, ITK melalui tim dosen dari Program Studi Statistika dan tim KKN mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah Kelurahan Gunung Sari Ulu Kota Balikpapan. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas belajar mengajar eksternal bagi pelajar formal dan non formal di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan. Target khusus program ini adalah untuk membantu siswa Taman Pendidikan Al Quran (TPA) masjid Al-Muhajirin untuk mendapatkan fasilitas belajar yang dapat menunjang pembelajaran dan pengembangan diri.

 

   

Gambar 1. Kegiatan Pembuatan Mading

 

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu pembuatan mading TPA. Kegiatan dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan pada hari Selasa tanggal 27 April 2021, Kamis tanggal 29 April 2021, dan Selasa tanggal 4 Mei 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kreativitas anak-anak TPA melalui hasil karya yang ditampilkan pada media mading.

 

Kegiatan yang kedua yaitu Leadership Training atau pelatihan kepemimpinan yang dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan di TPA Al-Muhajirin pada hari Kamis tanggal 27 Mei 2021. Kegiatan ini bertujuan melatih kepemimpinan sejak dini dengan memberikan materi kepemimpinan dan memberikan contoh dari sifat-sifat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW semasa memimpit umat.

 

 

 

Gambar 2. Pelatihan Kepemimpinan dan Peduli Lingkungan

 

Kegiatan ketiga yaitu Peduli Lingkungan dalam bentuk aktivitas menghias tempat sampah. Kegiatan ini diadakan sekali di TPA Al-Muhajirin pada tanggal 2 Juni 2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah memotivasi anak-anak agar peduli terhadap kelestarian lingkungan. 

 

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan bahwa anak-anak sejak dini sudah mulai meningkatkan pemahaman dan kreativitas dalam belajar, meiliki rasa tanggung jawab dan kepemimpinan dalam mengambil sebuah keputusan serta lebih mencintai lingkungan sekitar.

 

 

Tim Pengabdi :

1. Irma Fitria, S.Si., M.Si.

2. Sigit Pancahayani, S.Si., M.Si.

3. Fahrizal Zulmi

4. Almaida

5. Medika Sulistiya

6. Orlando Millenio Aramsa Putra

7. Dimas Try Anggono

8. Rizq Helmy Dary Descams

9. Mahiza Imam