Pengabdian Kepada Masyarakat "Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi Wisata Kebun Kota Berbasi Hidroponik di RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir"

  • 14 Juli 2021
  • Admin

 

 

Seiring dengan kemajuan penggunaan teknologi informasi, dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat dalam mendukung aktivitas bisnis baik secara rumahan maupun industri besar, terutama saat pandemi COVID-19. Salah satu aktivitas masyarakat rumahan adalah dengan cara bercocok tanam, tetapi dalam bercocok tanam manusia membutuhkan lahan yang luas agar dapat menanam dan memperoleh hasil panen yang cukup. Namun dalam bercocok tanam ada banyak masalah yang di hadapi oleh manusia yaitu salah satunya adalah pemasaran. Yang dimaksud dengan permasalahan pemasaran disini adalah kurangnya pemasaran hidroponik ini pada daerah perkotaan. Sebagai mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan, tentunya dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada tanggal 27 Februari 2021 hingga 30 Juni 2021, kami melakukan pengembangan terhadap wisata kebun kota di RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir. 

 

Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, kami melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Kelurahan Gunung Sari Ilir RT 68-69. Bahwa, di RT 68-69 ini sudah melakukan sekitar 1,5 tahun dari bulan Agustus 2018 dalam penanaman hidroponik di lingkungannya. Penanaman dilakukan bukan hanya pengembangan dalam hidroponik, tetapi juga penanaman aquaponik. Kondisi pasar juga sangat mempengaruhi karena jika hidroponik di perjualkan ke pasar tradisional, harganya malah sama dengan harga tanah. Hal itu membuat masyarakat RT 68-69 menjadi rugi dari modal yang telah dikeluarkan. Selain itu, Kurang informasi mengenai tempat lokasi penjualan hidroponik di tengah kota Balikpapan dan Seringnya terjadi pemadaman listrik dari PLN yang dapat mengganggu produksi tanaman hidroponik dan kurangnya penggunaan sumber energi listrik terbarukan pada RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir. Kegiatan KKN ini diketuai oleh Risky Al-Khaliq dari Prodi Teknik Elektro dengan dibantu oleh anggota tim KKN lainnya dan dibimbing oleh Syamsul Mujahidin, S.Kom., M.Eng dan Alfian Djafar, S.T., M.T untuk menjalankan pengabdian masyarakat ini.

Kegiatan ini akan dilakukan selama 5 bulan. Kegiatan ini berupa kegiatan kerja nyata kelompok bagi masyarakat RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir. Pelaksanaan ini mencakup beberapa kegiatan, antara lain pembuatan website, pembuatan gapura, dan pemasangan panel surya. Pada website, akan menampilkan banyak sekali fitur-fitur yang akan mengenalkan bahwa pada lokasi mitra menjadi lokasi yang memiliki icon yang unggul di tengah kota selain dengan keunggulan hidroponik.

 

Hasil Pembuatan Website

 

Selanjutnya, kegiatan KKN kami adalah pembuatan gapura yang dibuat untuk menjadikan tempat lokasi RT 68-69 menjadi lebih terlihat keunggulan didalamnya dan menjadikan titik icon yang dapat mencerminkan adanya tempat wisata kebun di kota Balikpapan khususnya di daerah Kelurahan Gunung Sari Ilir. Salah satu keunggulan dari kebun ini adalah taman hidroponik agar pengunjung tertarik melihat wisata kebun kota Balikpapan di RT 68-69.

 

 

 

Pada gambar diatas merupakan gapura yang sudah kami bangun dan nantinya akan dihias oleh warga menggunakan tanaman menjalar, agar terlihat alami dan sejuk. Selain itu nantinya akan ditanam tanaman yang di buat seperti background agar dapat menjadi tempat untuk berfoto atau pun selfie denga tanaman yang bermacam-macam warnanya.

Kemudian kegiatan terakhir KKN kami yaitu pemasangan panel surya ini dibuat untuk menunjang kebutuhan daya listrik dalam produksi tanaman hidroponik. Sehingga tanaman hidroponik memiliki suplai daya listrik mandiri dan tidak menggunakan suplai dari rumah warga RT 68-69. Pemasangan panel surya ini dengan kapasitas panel sebesar 100 WP dengan menggunakan aki 12 volt.

 

 

 

Hasil Pemasangan dan Instalasi Panel Surya

 

Rangkaian kegiatan Program KKN memberikan pengalaman yang lengkap bagi mahasiswa peserta KKN, masyarakat, dan Institut Teknologi Kalimantan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan  meningkatkan  tugas dan fungsi  masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen tinggi dari semua komponen yang terkait untuk saling mendukung dalam kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada program-program KKN yang telah dilaksanakan tentunya memiliki potensi keberlanjutan dan pastinya memiliki rencana unutk menindaklanjuti sehingga pelaksanaan tersebut tetap berkembang dengan baik. Kami berharap kepada masyarakat khususnya pada RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir, dapat memanfaatkan dan mengembangkan website yang telah diberikan menjadi lebih menarik dan terarah. Serta diharapkan pula, website ini mampu untuk menjadi wadah promosi dan kegiatan-kegiatan yang ada di RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir dapat dipublikasikan. Kemudian, dapat menjaga kelestarian kebersihan dan lebih mengembangkan ide-ide kreatif untuk mempercantik gapura dan spot foto, serta dapat meningkatkan kualitas yang dapat dikembangkan dari kebun hidroponik dan dapat memenuhi kebutuhan hidroponik di RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir. Terkait panel surya juga diharapkan warga di RT 68-69 Kelurahan Gunung Sari Ilir dapat menjaga dan memelihara panel surya dengan sebaik-baiknya serta dapat melakukan penambahan maksimal hingga 1 buah panel dengan daya 100wp sesuai dengan kapasitas baterai 60Ah dan dapat meningkatkan keamanan instalasi panel surya.

 

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya