Pengabdian Kepada Masyarakat "ITK Menggelar Kuliah Kerja Nyata untuk Peningkatan UMKM di Kelurahan Prapatan, Balikpapan"

  • 12 Juli 2021
  • Admin

Kelurahan Prapatan merupakan sebuah wilayah pemukiman penduduk yang terletak sejauh 2 kilometer dari pusat kecamatan Balikpapan Kota dan 2 kilometer dari pusat Kota Balikpapan. Mayoritas perekonomian masyarakat Kelurahan Prapatan didominasi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu industri perekonomian yang banyak ditekuni dan dikelola oleh masyarakat Kelurahan Prapatan adalah industri pengolahan kerupuk yang menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat. Berdasarkan hasil survey UMKM di Kelurahan Prapatan, usaha pengolahan kerupuk ini masih dilakukan dengan cara tradisional serta kurang memanfaatkan teknologi dan manajemen dalam menjalankan usaha seperti pengemasan produk yang kurang baik dan kurang menarik sehingga berpotensi untuk menurunkan kualitas produk, pemasaran produk dan target pasar yang kurang luas, serta pengelolaan keuangan yang kurang baik. Alhasil pemilik usaha masih memperoleh profit yang minim. Oleh karena itu, diperlukan sebuah upaya dalam pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan nilai ekonomi dan menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk UMKM di Kelurahan Prapatan. Pemberdayaan tersebut dapat diberikan melalui pembekalan berupa pengetahuan tentang design kemasan, pemberian label, dan merek produk atau bisa disebut system packaging untuk meningkatkan kualitas produk serta dapat memperbaiki manajemen pengelolaan usaha seperti manajemen keuangan dan pemasaran melalui media sosial.

 

Program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan kuliah kerja nyata atau disingkat KKN dilaksanakan untuk membantu masyarakat pengelola UMKM di Kelurahan Prapatan dalam optimalisasi UMKM dengan menggunakan metode pelatihan kepada masyarakat seperti memberikan materi pengelolaan UMKM berupa packaging product, digital marketing, dan manajemen keuangan. Selain itu, dilakukan sosialisasi ke rumah warga atau tempat produksi dengan metode door to door untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh pengelola UMKM. Evaluasi materi telah dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta pelatihan terhadap suatu materi yang disampaikan oleh pemateri. Evaluasi materi terdiri atas dua tahap yaitu Pre Test dan Post Test. Berdasarkan evaluasi materi diperoleh hasil yaitu terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre Test dengan Post Test yang artinya ada pengaruh pemberian materi pada pelatihan optimalisasi pengelolaan UMKM di Kelurahan Prapatan. Selain itu, output dari kegiatan ini yaitu telah berhasil menghasilkan Instagram (IG) UMKM yang kontennya berisi promosi produk, informasi produk, foto-foto, dan lainnya.

 

 

AGENDA

13

Okt

Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT) 2021
08.00
Hotel Platinum Kota Balikpapan

16

Mar

Workshop Business Plan IBT-ITK
09.00 - 12.00
Zoom Conference
Lihat Selengkapnya