Penelitian "Media Pembelajaran Dengan Metode Gamification pada www.funlearning.itk.ac.id"

  • 8 Oktober 2021
  • Admin

E-Learning adalah salah satu metode belajar secara elektronik yang memungkinkan proses belajar-mengajar dapat dijalankan melalui media internet sehingga cukup banyak dimanfaatkan oleh dunia Pendidikan. Walaupun banyak dimanfaatkan dalam dunia Pendidikan ternyata E-Learning juga memiliki permasalahan yakni dalam kategori tingkat kepuasan dan minat pengguna. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan terkait kepuasaan dalam menggunakan E-Learning yang digunakan di Institut Teknologi Kalimantan hanya sebanyak 41,9% mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan yang menyatakan puas terhadap media pembelajaran tersebut, sedangkan lebih dari 50% nya menyatakan bahwa mahasiswa di Institut Teknologi Kalimantan tidak menunjukkan minat yang signifikan terhadap E-Learning yang ada. Dari permasalahan yang dijabarkan, terdapat beberapa opsi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya yaitu dengan menerapkan metode gamification. Gamification adalah penerapan elemen game kedalam aplikasi untuk meningkatkan motivasi, minat serta keterlibatan pelajar dalam mengakses dan menggunakan aplikasi. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis mengusulkan untuk membuat E-Learning dengan menerapkan elemen gamification didalamnya. Sistem dibangun dengan menggunakan framework Laravel sebagai kerangka dari sistem dan metode pembangunan yaitu Personal Extreme Programming. Kemudian dilanjutkan dengan analisis hasil motivasi dari elemen gamification terhadap nilai rata-rata tugas mahasiswa pada kelas dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini telah menyelesaikan 46 user story yang dikerjakan dalam 4 iterasi dan hasil analisisnya menyatakan bahwa elemen gamification yang diuji (level, leaderboard, points, dan reward ) memiliki pengaruh secara simultan terhadap nilai rata-rata tugas sebesar 99,3% pada kelas Rekayasa Perangkat Lunak A, 95,7% pada kelas Manajemen Layanan Teknologi Informasi A dan 99,1% pada kelas Sistem Cerdas Pendukung Keputusan A.

 

Tim Peneliti:

Dosen

  1. M. Gilvy Langgawan Putra., S.Kom., M.MT. (Sistem Informasi/JMTI)
  2. Sri Rahayu Natasia, S.Komp., M.Si., M.Sc. (Sistem Informasi/JMTI)
  3. M. Ihsan Alfani Putera, S.Tr.Kom., M.Kom. (Sistem Informasi/JMTI)

Mahasiswa

Sadriansyah NIM. 10171069 (Sistem Informasi/JMTI)

 

AGENDA

12

Mar

Workshop Pembuatan Video Aftermovie KKN ITK
09.00 WITA s/d 12.00 WITA
Zoom Meeting : https://s.itk.ac.id/video_aftermovie

16

Feb

Scholarship Info Session : AUSTRALIA AWARDS
10.00 - 12.00 WITA
Zoom Cloud Meeting (https://s.itk.ac.id/zoom_aas)

11

Feb

Diseminasi Inovasi Edisi #1
13.30 WITA - Selesai
Via zoom meeting dan Youtube Institut Teknologi Kalimantan
Lihat Selengkapnya