Penelitian “Implementasi Sim Manajemen Terhadap Efektifitas Kinerja Anggaran di Institut Teknologi Kalimantan”

  • 29 November 2021
  • Admin

SIM Manajemen merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mengefektifkan kinerja perencanaan anggaran di setiap unit di lingkungan satker ITK, Terkusus kinerja anggaran unit prodi, SIM Manajemen ini juga sekaligus dapat memonitoring realisasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran, Penetapan perjanjian kinerja, penyusunan rencana aksi, serta laporan capaian kinerja yang di kembangkan di Institut Teknologi Kalimantan. Adanya Sistem Informasi ini diharapkan dapat membantu tiap unit untuk menyusun RAB. SIM ini dibuatkan SIM karena pada kenyataannya masih banyak kesalahan dalam penyusunan dan penginputan RAB yang dapat mempengaruhi kegiatan unit perencanaan ITK ditahun 2021.

 

Berikut fitur Alur Kinerja Anggaran menggunakan SIM Manajemen :

 

 Gambar Caver Simmanajemen terkait penyusunan Anggaran

 

Gambar Akses login Sistem Simmanajemen

 

Setelah tampilan utama pada Simmanajemen ,selanjutnya pengguna akan masuk pada login system. Pada tampilan Fitur Gambar ini unit kerja harus melakukan login menggunakan Email dan password yang telah dibuat sesuai dengan masing masing unit. Untuk memudahkan dan menetukan email biasanya unit kerja menggunakan email kedinasan atau email yang telah dibuat oleh UPT TIK. Namun untuk password bisa diganti sesuai dengan keputusan unit tersebut.

 

Pengaruh SIM Manajemen terhadap Efektifitas kinerja anggaran di ITK Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang terlibat langsung dalam penggunaan aplikasi SIM Manajemen yaitu Ketua Jurusan, Kepala Program Studi, Subbagian Perencanaan, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP). Pengambilan data penelitian ini menggunakan google form sehingga mudah sekali dalam proses pengisian dan pengolahan data secara baik menggunakan SPSS. Penggunaan SPSS ini bertujuan untuk Analisis regresi linera sederhana digunakan untuk menguji pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Dasar pengambilan keputusan dalam uji linear sederhana dapat mengacu dua hal yaitu membandingkan nilai signifikansi dengan nilai probabilitas 0,05. Dengan catatan Jika nilai signifikansi < 0,05 artinya variable X berpengaruh terhadap variable Y. yang kedua adalah jika nilai signifikansi >0.05 artinya variable X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Kemudian nilai Tterhitung > Ttabel artinya variable X berpengaruh terhadap variable Y, sedangkan nilai Tterhitung <Ttabel artinya variable X tidak berpengaruh terhadap variable Y.

 

GET   FILE='D:\PENELITIAN YUDHA\Data Tabulasi.sav'. REGRESSION   /MISSING LISTWISE   /STATISTICS COEFF OUTS R ANOVA    /CRITERIA=PIN(.05) POUT(.10)

/NOORIGIN   /DEPENDENT Total_Y   /METHOD=ENTER Total_X.

 

Regression

[DataSet1] D:\PENELITIAN YUDHA\Data Tabulasi.sav

Variables Entered/Removedb

 

 Model

Variables Entered

Variables Removed

 

 Method

1

Implementasi SIM manajemena

.

Enter

  1. All requested variables entered.
  2. Dependent Variable: Kinerja Anggaran

Model Summary

 

 

 Model

 

 R

 

 R Square

Adjusted R Square

 

 Std. Error of the Estimate

1

.867a

.752

.742

4.592

a. Predictors: (Constant), Penerapan SIM manajemen

ANOVAb

 

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

1659.757

1

1659.757

78.697

.000a

 

Residual

548.350

26

21.090

 

 

 

Total

2208.107

27

 

 

 

  1. Predictors: (Constant), Penerapan SIM manajemen
  2. Dependent Variable: Kinerja Anggaran

Coefficientsa

 

 

 

  Model

 

 

 Unstandardized Coefficients

Standardize d Coefficients

 

 

 

 t

 

 

 

 Sig.

B

Std. Error

Beta

1(Constant) Implementasi SIM manajemen

.097

4.340

 

.022

.982

1.007

.114

.867

8.871

.000

 

a. Dependent Variable: Kinerja Anggaran

Deskripsi Data

Dari table di atas menjelaskan bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 artinya kurang dari 0,05 artinya variable X memiliki pengaruh terhadap variable Y. kemudian terkait hubungan variable ( R ) yaitu sebesar 0,867. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi ( R Squere) sebesar yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variable bebas ( Kinerja Anggaran) terhadap variable terikat (Penerapan Sim Manajemen ) adalah sebesar 75,2%.

 

Dari output tersebut diketahui bahwa Nilai F hitung = 78.697 dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variable Penerapan Sim Manajemen atau dengan kata lain ada pengaruh variable Penerapan Sim Manajemen (X) terhadap Kinerja Anggaran ( Y) dari 31 Responden yang telah tersampaikan form sebanyak 28 formulir yang terisi. Berikut Komponen Responden yang telah mengisi google form pada penelitian SIM Manajemen.